Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kim dan Moon Berencana Bangun Kereta Cepat yang Hubungkan Korsel-Korut

Kompas.com - 27/04/2018, 16:40 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

PANMUNJOM, KOMPAS.com - Korea Utara (Korut) dan Korea Selatan (Korsel) mewacanakan bakal meningkatkan relasi kedua negara ke bidang pembangunan.

Dilaporkan Korea Herald Jumat (27/4/2018), awalnya Pemimpin Korut Kim Jong Un memuji sistem kereta cepat yang ada di Pyeongchang.

Kota yang terletak di timur laut Korsel itu menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin yang berlangsung 9-25 Februari lalu.

Di saat memuji itulah, Kim sempat menyuarakan kekhawatiran jika Presiden Korsel, Moon Jae In, bakal tidak nyaman ketika melakukan kunjungan balasan ke Korut.

Baca juga : Semut Pun Tak Akan Lolos dari Pasukan Pengawal Kim Jong Un

Sebab, infrastruktur transportasi di sana jauh tertinggal. "Kami akan mulai bersiap untuk membuat kunjungan Anda lebih nyaman," kata Kim.

Moon kemudian menjawab bahwa dia berharap kedua negara bisa bekerja sama membangun jalur kereta cepat yang menghubungkan Korut dan Korsel.

Dia berujar, kesepakatan membangun jalur kereta cepat itu sebenarnya sudah tertuang di dua Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) sebelumnya. Yakni 15 Juni 2000, dan 4 Oktober 2007.

"Sangat memalukan kesepakatan itu tidak terlaksana selama 11 tahun. Pemimpin Kim berkesempatan untuk bisa melaksanakannya," kata Moon.

Maret lalu, CEO Perusahaan Kereta Korsel, Oh Young Sik berkata bahwa pembangunan jalur kereta cepat bakal menjadi topik utama di KTT.

Jika disepakati, maka yang perlu dilakukan jajaran Oh adalah memperbaiki rel Korut yang sudah ada, serta menambahkan jalur baru.

"Nantinya, kami bisa mengirim kargo dari Seoul ke Pyongyang maupun ke Sinulju. Bahkan hingga ke Beijing, China," ungkap Oh.

Dengan adanya jalur lintas Semenanjung Korea itu, reuni keluarga yang terpisah maupun laga persahabatan tim sepak bola bisa dilakukan.

Baca juga : Pembelot Korut: Kim Jong Un Bawa Toilet Pribadi ke Mana Pun Dia Pergi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com