Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Semut Pun Tak Akan Lolos dari Pasukan Pengawal Kim Jong Un"

Kompas.com - 27/04/2018, 15:39 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber AFP

SEOUL, KOMPAS.com — Pengamanan setiap kepala negara yang melakukan kunjungan dinas memang amat ketat, tak terkecuali pengamanan bagi Pemimpin Korut Kim Jong Un.

Saat Kim Jong Un melangkah menuju perbatasan kedua Korea, Jumat (27/4/2018), sekelompok anggota pasukan keamanan yang dipilih atas dasar kebugaran, kemampuan menembak, kemampuan bela diri, dan bahkan ketampanan, mendampingi sang pemimpin.

Mengenakan setelan rapi lengkap dengan dasi biru bergaris putih yang serasi dengan setelan yang mereka kenakan, belasan pria ini berdiri di depan dan di sekeliling Kim Jong Un saat dia mendekati garis demarkasi.

Di garis demarkasi itulah, Kim Jong Un bersalaman dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in sebelum melangkahkan kaki melintasi perbatasan kedua negara.

Baca juga: Pembelot Korut: Kim Jong Un Bawa Toilet Pribadi Ke Mana Pun Dia Pergi

Di balik setelan para pria itu terlihat sesuatu yang menonjol, kemungkinan besar adalah senjata api.

Mereka semua mengenakan pin merah Korea Utara dan earphone seperti yang biasa digunakan Secret Service, pasukan pengamanan presiden AS.

Komando Garda, pasukan yang bertugas menjamin keselamatan sang pemimpin, adalah satuan elite yang berada di lingkar terdekat kepemimpinan Korea Utara.

Ri Yong Guk, seorang pembelot dari Korea Utara yang pernah bertugas menjadi anggota pasukan pengamanan Kim Jong Il, dalam memoar yang dituliskannya pada 2013 menggambarkan ketatnya pengamanan Pemimpin Korut itu.

Setidaknya terdapat enam lapis pengamanan untuk Kim Jong Il saat sang pemimpin melakukan kunjungan ke daerah, unit-unit militer, pabrik, atau pertanian.

Baca juga: Sambut Kim Jong Un, Presiden Moon Sempat Injakkan Kaki di Korut

"Ini adalah salah satu pengamanan paling ketat di dunia, bahkan seekor semut pun tak akan lolos dari pengawasan mereka," kata Ri Yong Guk.

Pengamanan untuk pemimpin saat ini bahkan jauh lebih ketat. Dalam parade militer untuk memperingati 70 tahun berdirinya militer Korea Utara, tiga unit pasukan pengamanan dikerahkan hanya untuk mengawal Kim Jong Un.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com