Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Raup Suara dalam Pemilu, Politisi Irak Mengaku Sebagai Nabi

Kompas.com - 27/04/2018, 15:09 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber Al Arabiya

BAGHDAD, KOMPAS.com - Banyak cara dilakukan seorang politisi untuk meraup sebanyak-banyaknya suara dalam pemilihan umum.

Salah seorang politisi yang bertarung dalam pemilihan umum Irak di provinsi Dhi Qar bahkan mengaku sebagai nabi agar bisa meraup suara.

Menurut media setempat, pria bernama Yasser Nasser Hussein itu memasang spanduk lengkap dengan foto dan laimat yang mengklaim dirinya adalah seorang nabi dan pemimpin negara.

Alhasil, bukannya suara yang diperoleh tetapi Yasser malah berurusan dengan aparat berwajib yang kemudian menangkap sang politisi.

Baca juga : Mengaku Nabi Isa, Warga Bangkalan Diamankan Polisi

Namun, dalam pemeriksaan Yasser menolak memberi pernyataan kecuali interogasi dihadiri hakim yang menjalankan investigasi resmi.

Asisten direktur KPU provinsi Dhi Qar, Rafid al-Zaidi membantah pihaknya sudah mendapatkan informasi terkait masalah "klaim nabi" ini.

Dia menambahkan, kantor KPU kota Nasiriyah juga tidak menerima pemberitahuan soal penangkapan atau spanduk yang dipasang Yasser tersebut.

Analsi politik Hussein al-Hasnawi mengatakan, sistem politik Irak memasikan setiap warga berhak mencalonkan diri menjadi anggota parlemen.

Namun, para kandidat harus memenuhi sejumlah syarat yang ditentukan mulai dari syarat legal, administratif, dan judisial.

Hasnawi menambahkan, diterimanya seseorang sebagai kandidat bukan berarti dia kebal hukum. Terdapat kondisi yang bisa mengakibatkan seorang kandidat bida dicoret jika melakukan pelanggaran.

Lebih jauh Hasnawi mengakui sejumlah kandidat menggunakan metode yang aneh untuk meraup suara yang bisa saja melanggar norma publik.

Baca juga : Pria yang Mengaku Nabi Ganggu Kawanan Singa, Hasilnya Fatal

Jika hal itu terjadi maka seorang kandidat bisa kehilangan kesempatan untuk mengikuti dan memenangkan pemilu.

Pemilu Irak dijadwalkan digelar pada 12 Mei mendatang dengan sebanyak 6.000 orang mencalonkan diri sebagai anggota parlemen negeri itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com