Kompas.com - 27/04/2018, 12:27 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Pertemuan bersejarah bagi dua Korea terjadi Jumat ini (27/4/2018) di mana Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Antar-Korea digelar.

Dalam pertemuan awal, Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un sempat melontarkan guyonan kepada Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae In.

Dilansir Korea Herald, saat itu Kim mengomentari tentang menu jamuan makan siang dan makan malam.

"Sangat sulit. Namun, kami mmebawa Naengmyeon Pyongyang. Saya berharap Presiden Moon menyukainya," kata Kim dalam siaran langsung.

Baca juga : Moon kepada Kim Jong Un: Saya Senang Bertemu Anda

Naengmyeon merupakan mi dingin berbentuk kecil kecoklatan yang berasal dari kota Korut seperti Pyongyang dan Hamhung. Meski begitu, kuliner itu juga populer di Korsel.

Setelah percakapan Kim itu, pada pukul 10.15 waktu setempat muncul tagar #PyongyangNaengmyeon yang langsung menjadi tren di Korsel.

Banyak masyarakat Korsel memilih Naengmyeon saat makan siang untuk memperingati momen bersejarah tersebut.

Antrian sebanyak 20 orang dilaporkan terlihat di Pildong Myeonok. Sebuah restoran Naengmyeon yang terkenal di pusat Seoul.

"Apa lagi yang bisa kami makan hari ini?" kata seorang pria berusia 29 tahun bernama Yoo Jung Min yang bekerja di bidang periklanan.

"Saya pikir restoran Naengmyeon di seluruh negeri bakal penuh sesak hari ini," ujar salah seorang pengguna Twitter.

KTT Antar-Korea yang terjadi di Rumah Perdamaian di Panmunjom hari ini merupakan pertemuan yang ketiga setelah 2000 dan 2007.

Hubungan Korsel dan Korut mulai mencair setelah Kim menyampaikan pidato saat Tahun Baru (1/1/2018) yang menyerukan persatuan Korea.

Baca juga : Kim Jong Un Tak Sangka Garis Perbatasan Korea Begitu Mudah Dilalui

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.