Kompas.com - 27/04/2018, 07:31 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un bakal berjumpa pada pertemuan puncak bersejarah pada Jumat (27/4/2018) pagi waktu setempat.

Pertemuan ini menandai awal dari berbagai upaya yang selama ini dilakukan untuk menyingkirkan ambisi nuklir Korea Utara.

Yonhap News melaporkan, keduanya dijadwalkan bertemu pada pukul 09.30 (KST) atau pada pukul 06.30 WIB. Sementara, pembicaraan resmi akan dimulai pukul 10.30 (KST) atau 07.30 WIB.

Baca juga : Ikuti Korsel, Korut Hentikan Siaran Propaganda di Perbatasan

Kim bakal melintasi Garis Demarkasi Militer ke sisi Korea Selatan di desa perbatasan Panmunjom, di Zona Demiliterisasi yang dijaga ketat oleh militer.

Kantor berita Korea Utara KCNA mewartakan, Kim telah meninggalkan Pyongyang pada Jumat pagi.

"Kim Jong Un akan secara terbuka berdiskusi dengan Moon Jae-in dalam berbagai isu yang dapat meningkatkan hubungan antar-Korea dan mencapai perdamaian, kemakmuran, dan reunifikasi Semenanjung Korea," tulis KCNA.

Moon dijadwalkan berangkat menuju Panmunjom sekitar pukul 08.00 pagi. Kedua pemimpin bakal bergabung dalam upacara resmi penbamputan.

Pertemuan Kim dan Moon pada hari ini merupakan pertemuan antar-Korea yang ketiga, namun untuk pertama kalinya digelar di Korea Selatan.

Baca juga : Pidato Tahun Baru Kim Jong Un: Harapan Perdamaian di Semenanjung Korea

Pertemuan antar-Korea sebelumnya digelar pada 2000 dan 2007, yang keduanya diselenggarakan di Pyongyang.

Dengan begitu, Kim menjadi pemimpin Korea Utara pertama yang menginjak tanah Korea Selatan sejak akhir Perang Korea pada 1950-1953.

Dua Korea secara teknis tetap berperang, ketika Perang Korea berakhir dengan gencatan senjata, bukan dengan perjanjian damai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.