Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pagi Ini, Dua Pemimpin Korea Berjumpa dalam Pertemuan Bersejarah

Kompas.com - 27/04/2018, 07:31 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

SEOUL, KOMPAS.com - Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un bakal berjumpa pada pertemuan puncak bersejarah pada Jumat (27/4/2018) pagi waktu setempat.

Pertemuan ini menandai awal dari berbagai upaya yang selama ini dilakukan untuk menyingkirkan ambisi nuklir Korea Utara.

Yonhap News melaporkan, keduanya dijadwalkan bertemu pada pukul 09.30 (KST) atau pada pukul 06.30 WIB. Sementara, pembicaraan resmi akan dimulai pukul 10.30 (KST) atau 07.30 WIB.

Baca juga : Ikuti Korsel, Korut Hentikan Siaran Propaganda di Perbatasan

Kim bakal melintasi Garis Demarkasi Militer ke sisi Korea Selatan di desa perbatasan Panmunjom, di Zona Demiliterisasi yang dijaga ketat oleh militer.

Kantor berita Korea Utara KCNA mewartakan, Kim telah meninggalkan Pyongyang pada Jumat pagi.

"Kim Jong Un akan secara terbuka berdiskusi dengan Moon Jae-in dalam berbagai isu yang dapat meningkatkan hubungan antar-Korea dan mencapai perdamaian, kemakmuran, dan reunifikasi Semenanjung Korea," tulis KCNA.

Moon dijadwalkan berangkat menuju Panmunjom sekitar pukul 08.00 pagi. Kedua pemimpin bakal bergabung dalam upacara resmi penbamputan.

Pertemuan Kim dan Moon pada hari ini merupakan pertemuan antar-Korea yang ketiga, namun untuk pertama kalinya digelar di Korea Selatan.

Baca juga : Pidato Tahun Baru Kim Jong Un: Harapan Perdamaian di Semenanjung Korea

Pertemuan antar-Korea sebelumnya digelar pada 2000 dan 2007, yang keduanya diselenggarakan di Pyongyang.

Dengan begitu, Kim menjadi pemimpin Korea Utara pertama yang menginjak tanah Korea Selatan sejak akhir Perang Korea pada 1950-1953.

Dua Korea secara teknis tetap berperang, ketika Perang Korea berakhir dengan gencatan senjata, bukan dengan perjanjian damai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com