Kompas.com - 26/04/2018, 23:39 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Sebanyak 41 warga Palestina dilaporkan tewas selama aksi protes yang dilangsungkan di dekat pagar perbatasan Gaza dengan Israel sejak 30 Maret lalu.

Selain itu, ratusan warga lainnya juga mengalami luka-luka. Di antara para korban tewas terdapat sejumlah anak-anak.

Menanggapi situasi itu, AS melalui duta besarnya di PBB, Nikki Haley mengecam Hamas yang disebutnya telah sengaja menggunakan anak-anak sebagai umpan serangan meriam militer Israel.

"Siapa pun yang benar-benar peduli dengan anak-anak di Gaza harus bersikeras bahwa Hamas segera berhenti menggunakan anak-anak sebagai umpan meriam dalam konflik dengan Israel," kata Haley dalam pertemuan dengan Dewan Keamanan PBB, Kamis (26/4/2018).

Baca juga: Ditembak Pasukan Israel, Bocah Palestina Kehilangan Kakinya

Haley mengecam penggunaan warga sipil sebagai perisai manusia di seluruh Timur Tengah.

"Sulit memikirkan tindakan yang lebih pengecut daripada bersembunyi di balik warga sipil yang tidak bersalah," katanya dalam sambutan di pertemuan Dewan Keamanan PBB yang membahas situasi kekerasan di Gaza.

Sebagian besar korban tewas dalam aksi protes di dekat perbatasan Gaza akibat tembakan oleh penembak jitu dan juga artileri Israel serta serangan udara.

Militer Israel mengatakan pasukannya hanya melepaskan tembakan untuk membela diri dan menghentikan peserta protes yang berupaya melewati perbatasan.

PBB telah menyerukan agar dilakukannya penyelidikan independen atas kekerasan di Gaza.

Utusan PBB untuk Timur Tengah Nickolay Mladenov telah mendesak Israel untuk meminimalisir penggunaan senjata api dalam mengatasi peserta protes dan hanya menggunakannya sebagai upaya terakhir.

Baca juga: Tentara Israel Tembaki Demonstran Palestina, Remaja 15 Tahun Tewas

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.