Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korut Ingin Menjadi Negara Normal daripada Pemilik Senjata Nuklir

Kompas.com - 26/04/2018, 19:37 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Yonhap

SEOUL, KOMPAS.com — Korea Utara (Korut) bermaksud untuk menjadikan diri sebagai negara normal alih-alih pemilik senjata nuklir.

Pernyataan tersebut disampaikan para pakar di forum jelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Antar-Korea di Panmunjom, Jumat (27/4/2018).

Kim Tae Hwan, profesor di Akademi Diplomasi Nasional Korea, mengatakan, saat ini Korut berada di dua pilihan: menjadi negara nuklir ataukah negara normal.

Baca juga: Pakar China: Situs Uji Coba Nuklir Korut Runtuh Sebagian

Namun, dalam perkembangannya, Pemimpin Korut Kim Jong Un terpaksa memilih opsi kedua. Sebab, keinginannya untuk terus mengembangkan nuklir mulai mencapai batasnya.

Ambisi Kim untuk mengembangkan senjata nuklir pada militernya telah menyiratkan risiko bakal terjadi perang skala besar.

"Karena itu, dia memutuskan untuk berubah pikiran, dan memilih menjadi negara normal," kata Kim Tae Hwan dilansir dari Yonhap Kamis (26/4/2018).

Kim Joon Hyung dari Universitas Handong berharap negara komunis itu bakal melakukan denuklirisasi. Sebab, senjata nuklir hanya memberikan ancaman bagi sekitarnya.

Namun, profesor dari Universitas Kookmin, Andrei Lankov, menyatakan keraguan bahwa Pyongyang bakal benar-benar melakukan denuklirisasi.

"Saya tidak percaya begitu saja karena jelas, tindakan itu (denuklirisasi) berlawanan dengan kepentingan jangka panjang mereka," tutur Lankov.

Akan sangat bagus, lanjut Lankov, jika Korut mulai mengurangi persenjataan nuklirnya. Namun, dia melanjutkan fakta itu tergantung dari seberapa teguh komitmen Korut.

Denuklirisasi menjadi isu utama dalam KTT Antar-Korea besok. Komitmen Korut bisa berdampak terhadap perdamaian di Semenanjung Korea.

Baca juga: Pejabat Rusia: Deklarasi Nuklir Korut Berkat Peran Kami Juga

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Yonhap
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com