Kompas.com - 26/04/2018, 12:37 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Denuklirisasi tidak hanya menjadi topik dalam pertemuan antara Korea Utara (Korut) dan Korea Selatan (Korsel) pada Jumat (27/4/2018) nanti.

Dilaporkan harian Korsel Chosun Ilbo Kamis (26/4/2018), Korsel mengusulkan untuk menghapus keberadaan pasukan di zona demiliterisasi.

Merujuk kepada gencatan senjata di Perang Korea (1950-1953), baik tentara Korut maupun Korsel diizinkan membawa senapan non-otomatis maupun pistol.

Baca juga : Militer Korsel Tembaki Pasukan Korut yang Melintasi Zona Demiliterisasi

"Kami bermaksud menjadikan kawasan itu sebagai simbol perdamaian, bukan simbol kekuatan," kata seorang pejabat anonim Korsel.

Dalam proposalnya, Presiden Korsel Moon Jae In menyodorkan pengurangan pasukan dan persenjataan berat di kawasan demiliterisasi.

Saat ini, dilaporkan terdapat 160 pasukan Korut, dan 60 orang serdadu Korsel yang menjaga kawasan perbatasan tersebut.

Kemudian, Moon dan Pemimpin Korut Kim Jong Un dijadwalkan berdiskusi seputar wacana pembukaan kantor perwakilan di desa Panmunjom.

Nantinya, kantor perwakilan itu bakal diisi pegawai dari kedua negara, dan bakal mendiskusikan masalah militer hingga pertukaran antar-perbatasan.

Namun, kedua pemimpin bakal menepikan isu sensitif seperti Batas Garis Utara. Sebuah garis demarkasi di Laut Kuning yang menjadi perbatasan maritim de facto antara Korsel dan Korut.

Lebih lanjut, Korsel juga berharap Konferensi Tingkat Tinggi Antar-Korea itu bakal lebih sering diadakan ke depannya.

Adapun pertemuan yang bakal berlangsung Jumat besok merupakan pertemuan ketiga kedua negara setelah yang pertama terjadi di 2000, dan kedua pada 2007.

Baca juga : Prajurit Korut Membelot ke Selatan Melewati Zona Demiliterisasi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.