Kompas.com - 25/04/2018, 18:08 WIB
|

BEIJING, KOMPAS.com - Satu spesies serangga yang disebut sebagai nyamuk terbesar di dunia akan dipamerkan di sebuah museum di China bulan depan.

Nyamuk berukuran jumbo itu ditemukan seorang entomologis asal China Zhao Li saat melakukan penelitian lapangan di pegunungan Qingcheng, di provinsi Shicuan pada Agustus tahun lalu.

Zhao mengatakan, sejak saat itu dia menghabiskan banyak waktunya untuk memastikan bahwa nyamuk itu adalah yang terbesar di dunia sebelum mengungkapkan penemuannya.

Dengan badan sepanjang 5 centimeter dan bentang sayap 11,15 centimeter, nyamuk ini 10 kali lebih besar dibanding nyamuk pada umumnya.

Baca juga : Berbobot 5 Kilogram, Inikah Burger Terbesar di Dunia?

Nyamuk ini juga tiga kali lebih panjang dibanding nyamuk satu spesiesnya, holorusia mikado yang memiliki bentang sayap 8 centimeter dan ditemukan di Jepan pada 1876.

Setelah menangkap nyamuk itu dan melakukan riset secara daring, Zhao, yang sudah mengumpulkan spesimen spesies ini selama lebih dari satu dekade, memastikan nyamuk temuannya adalah yang terbesar di dunia.

"Saya memastikan ini adalah nyamuk terbesar di dunia pada awal tahun ini," ujar Zhao yang adalah direktur Museum Serangga China Barat di kota Chengdu.

"Saya menangkap nyamuk ini pada Agustus tahun lalu dan langsung saya jadikan spesimen dengan membekukannya. Ini terdengar kejam tetapi bagi serangga kematian ini sama sekali tidak menyakitkan," tambah dia.

Kini nyamuk raksasa itu akan dipamerkan di Museum Serangga yang dipimpin Zhao pada Mei meramaikan pameran bertema serangga-serangga aneh.

Baca juga : Berlian Terbesar di Dunia Segera Dilelang di New York

Museum Serangga China Barat merupakan museum serangga terbesar di Asia dengan 700.000 koleksi dari 40 negara di seluruh dunia.

Sementara di China, lebih dari 800 spesies nyamuk ditemukan negeri itu dengan lebih dari 100 spesies berada di Sichuan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber SCMP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.