Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nyamuk Terbesar di Dunia Ditemukan di China

Kompas.com - 25/04/2018, 18:08 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber SCMP

BEIJING, KOMPAS.com - Satu spesies serangga yang disebut sebagai nyamuk terbesar di dunia akan dipamerkan di sebuah museum di China bulan depan.

Nyamuk berukuran jumbo itu ditemukan seorang entomologis asal China Zhao Li saat melakukan penelitian lapangan di pegunungan Qingcheng, di provinsi Shicuan pada Agustus tahun lalu.

Zhao mengatakan, sejak saat itu dia menghabiskan banyak waktunya untuk memastikan bahwa nyamuk itu adalah yang terbesar di dunia sebelum mengungkapkan penemuannya.

Dengan badan sepanjang 5 centimeter dan bentang sayap 11,15 centimeter, nyamuk ini 10 kali lebih besar dibanding nyamuk pada umumnya.

Baca juga : Berbobot 5 Kilogram, Inikah Burger Terbesar di Dunia?

Nyamuk ini juga tiga kali lebih panjang dibanding nyamuk satu spesiesnya, holorusia mikado yang memiliki bentang sayap 8 centimeter dan ditemukan di Jepan pada 1876.

Setelah menangkap nyamuk itu dan melakukan riset secara daring, Zhao, yang sudah mengumpulkan spesimen spesies ini selama lebih dari satu dekade, memastikan nyamuk temuannya adalah yang terbesar di dunia.

"Saya memastikan ini adalah nyamuk terbesar di dunia pada awal tahun ini," ujar Zhao yang adalah direktur Museum Serangga China Barat di kota Chengdu.

"Saya menangkap nyamuk ini pada Agustus tahun lalu dan langsung saya jadikan spesimen dengan membekukannya. Ini terdengar kejam tetapi bagi serangga kematian ini sama sekali tidak menyakitkan," tambah dia.

Kini nyamuk raksasa itu akan dipamerkan di Museum Serangga yang dipimpin Zhao pada Mei meramaikan pameran bertema serangga-serangga aneh.

Baca juga : Berlian Terbesar di Dunia Segera Dilelang di New York

Museum Serangga China Barat merupakan museum serangga terbesar di Asia dengan 700.000 koleksi dari 40 negara di seluruh dunia.

Sementara di China, lebih dari 800 spesies nyamuk ditemukan negeri itu dengan lebih dari 100 spesies berada di Sichuan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SCMP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com