Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biografi Tokoh Dunia: Guglielmo Marconi, Sang Penemu Radio

Kompas.com - 25/04/2018, 17:45 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

KOMPAS.com - Fisikawan, penemu, dan penerima penghargaan Nobel. Guglielmo Marconi adalah seseorang yang sangat berjasa dalam peradaban manusia dengan penemuannya yang mengubah sejarah, Radio.

Hasil penelitiannya tentang pengiriman sinyal tanpa kabel menjadi dasar untuk sejumlah perangkat teknologi modern yang dipakai manusia hingga saat ini.

Melalui eksperimennya dalam telegraf nirkabel, Marconi telah mengembangkan sistem komunikasi radio pertama yang efektif.

Awal Kehidupan dan Penelitian

Guglielmo Marconi lahir pada 25 April 1874 di Bologna, Italia. Berasal dari keluarga kaya dan terpandang, Marconi menerima pendidikan yang baik dan luas.

Baca juga: Radio 4G Pertama di Dunia, Bentuknya Jadul, Harganya Rp 17 Juta

Memiliki minat pada sains dan kelistrikan, Marconi pun melanjutkan kuliah di Institut Teknik Livorno dan Universitas Bologna pada 1894. Dia mulai bereksperimen dengan gelombang radio.

Marconi mengagumi penemuan dan penelitian yang dilakukan fisikawan Jerman, Heinrich Rudolf Hertz dan OLiver Lodge yang menemukan "gelombang tak kasat mata" yang dihasilkan oleh interaksi elektromagnetik.

Dari situlah Marconi mulai mengembangkan sistem awal telegraf tanpa kabel. Hasilnya, dia mampu membuat peralatan penghasil gelombang kreasinya sendiri yang dapat mengirimkan sinyal ke lokasi yang berjarak satu mil atau 1,6 kilometer.

Meski baru tahap awal, Marconi menyadari penemuannya akan bermanfaat di kemudian hari. Karenanya dia mulai berkeliling negeri untuk mencari orang yang mau berinvestasi pada penelitiannya.

Sayangnya, setelah mencoba di Italia, termasuk ke pemerintah, tidak ada satu pun pihak yang tertarik. Tapi Marconi pantang menyerah dan memutuskan pindah ke London, Inggris, sambil membawa hasil penelitiannya pada 1896.

Keputusannya tidak salah, di London dia dengan cepat mendapat respon dari pihak-pihak yang berminat, salah satunya dari Kantor Pos Inggris.

Baca juga: Astronom Ungkap Asal Sinyal Radio Misterius dari Luar Angkasa

Setahun berselang penelitiannya terus mengalami kemajuan hingga alatnya mampu memancarkan sinyal hingga sejauh 12 mil (lebih dari 19 kilometer) dan Marconi pun mendaftar hak paten atas alat temuannya itu.

Akhirnya pada tahun 1899, Marconi mulai membuka perusahaan telegrafnya yang diberi nama Marconi Telegraph Company di kota London.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com