Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah di India Berikan PR Musim Panas kepada Orangtua Murid

Kompas.com - 25/04/2018, 16:16 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

CHENNAI, KOMPAS.com - Sebuah sekolah di Chennai, India, mengumumkan bakal memberikan Pekerjaan Rumah (PR) selama 50 hari libur musim panas.

Namun, dilaporkan India Times Selasa (24/4/2018), sekolah tersebut tidak memberikan PR kepada murid. Melainkan ke orangtua mereka.

SMA Matrikulasi Annai Violet mengeluarkan selebaran bertanggal 19 April yang memberikan tips kepada orangtua murid.

Dalam selebaran itu, sekolah menekankan pentingnya orangtua untuk menghabiskan waktu di musim panas bersama anak mereka.

Baca juga : Lituania Desak UE Hapus Waktu Musim Panas

Antara lain, orangtua diwajibkan untuk makan bersama anak setidaknya dua kali sehari. Kemudian, orangtua diminta untuk mengajari anak mereka mencuci piring.

"Melalui kegiatan mencuci piring, murid belajar sebuah pentingnya martabat dalam sebuah pekerjaan," demikian pernyataan selebaran tersebut.

Tidak hanya itu. Orangtua juga disarankan untuk membawa anak mereka ketika pergi bekerja. Jadi, anak bisa belajar untuk menghargai uang.

Nantinya, orangtua murid harus mengunggah foto kegiatan musim panas mereka dengan anak ke surat elektronik sekolah.

Kepala Sekolah Annai Violet, Lydia Devasagayam berkata, dia menyadari bahwa perkembangan dunia membuat hubungan orangtua dan anak merenggang.

Karena tuntutan zaman, dia melihat orangtua harus bekerja keras sehingga mereka menjadi berorientasi kepada harta sehingga melupakan perkembangan anak mereka.

"Sangat penting menciptakan kenangan manis antara orangtua dengan anak sebelum mereka semakin beranjak dewasa," kata Lydia.

Selain itu, selebaran tersebut juga merupakan cara untuk membuat murid lebih rileks. "Saat ini, anak-anak benci sekolah. Sebab, mereka bakal mendapat stres dan tekanan," tuturnya.

Baca juga : Kisah Perjuangan Alvin Berjalan Jauh ke Sekolah Membawa Berkah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com