Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Hemat Saat Hadiri KTT Asean di Singapura, Begini Cara Duterte

Kompas.com - 24/04/2018, 17:28 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

MANILA, KOMPAS.com - Presiden Filipina Rodrigo Duterte, Senin (23/4/2018), mengatakan bahwa dia akan menggunakan pesawat pribadi untuk menghadiri KTT Asean di Singapura.

Alasannya, kata Duterte, dengan menggunakan pesawat pribadi maka dia menghemat anggaran negara yang didapat dari pajak rakyat.

Harian The Philippine Star mengabarkan, juru bicara kepresidenan Harry Roque, Duterte akan menggunakan sebuah pesawat berkapasitas delapan penumpang yang akan terbang selama dua jam dari Davao City ke Singapura.

"Tujuannya adalah untuk penghematan Amat mahal menyewa pesawat dan dengan delegasi yang lebih kecil maka uang yang dikeluarkan juga lebih sedikit," kata Roque.

Baca juga : Duterte Perintahkan Penahanan Biarawati asal Australia

Delegasi yang akan berangkat ke Singapura termasuk asisten khusus presiden Christopher "Bong" Go dan sejumlah staff. Demikian dilaporkan harian Daily Inquirer.

"Jumlah anggota tim yang berangkat bersama presiden amat kecil dan jauh lebih murah ketimbang menyewa sebuah pesawat milik Philippine Airlines," tambah Roque.

Biasanya Skuadron ke-250 AU Filipina biasanya yang menyediakan transportasi bagi presiden di dalam negeri.

Sedangkan untuk perjalanan ke luar negeri, Duterte biasanya menggunakan sebuah Bombardier Learjet 60, Challenger 850 atau menyewa sebuah pesawat milik Philippine Airlines.

Baca juga : Duterte Kirim Polisi Antihuru-hara ke Pulau Wisata yang Akan Ditutup

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com