Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/04/2018, 21:34 WIB

SAGAR, KOMPAS.com - Sebuah sekolah di Distrik Damoh, Negara Bagian Madhya Pradesh, India, menjadi sorotan media setempat.

Sebab, seperti diberitakan Hindustan Times Senin (23/4/2018), selama dua bulan terakhir, sekolah tersebut memasak makan siang bagi murid-muridnya di dalam toilet.

Di desa Muda, terdapat dua sekolah yang dikelola pemerintah. Sekolah dasar serta sekolah menengah. SMA Muda itu bisa menampung 85 orang murid.

Bangunan sekolah tersebut sebenarnya sudah diresmikan sejak Februari lalu. Namun, masih ada beberapa bagian yang belum dikerjakan.

Baca juga : Selamatkan Pohon Berusia 700 Tahun di India, Pemerintah Gunakan Infus

Karena itu, untuk urusan makan siang, SD Muda memasaknya di dapur sekolah yang tua. Namun, untuk SMA Muda, petugas terpaksa memasaknya di toilet.

Koki Shakila, salah satu petugas yang memasak makanan untuk murid SMA Muda berujar, dia sebenarnya telah membawa isu itu karena terkait dengan kebersihan dan kesehatan makanan.

Namun, oleh otoritas, dia tetap disarankan untuk memasak di toilet. "Mereka tidak bersedia mendengarkan saya," keluh Shakila.

Keluhan yang sama juga disuarakan oleh Brajesh Patel yang bertindak sebagai kepala sekolah di institusi pendidikan Muda itu.

Ketika bangunan itu belum selesai, sebenarnya Patel telah mendesak kontraktor untuk segera membangunnya, serta mengadukan masalah itu para seniornya.

"Namun tidak ada solusi. Untuk pertama kalinya, makan siang disiapkan di dalam toilet," kata Patel.

Hakim Sub-divisi (SDM) Hata Narayan Singh mengatakan bakal menerjunkan tim penyelidik ke sekolah itu untuk memastikan isu tersebut, dan bakal mengambil tindakan jika kabar itu benar.

Baca juga : Jenazah Wanita Tak Berkepala Ditemukan Digantung Terbalik di India

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.