Kompas.com - 23/04/2018, 13:30 WIB
|

KOMPAS.com - Sebagian besar kita saat ini pasti pernah menjelajahi berbagai video yang tersedia di situsweb YouTube.

Ternyata video pertama yang diunggah ke YouTube  pada 24 April 2005. Pengunggahnya adalah salah satu pendiri situs berbagai video ini yaitu Jawed Karim.

Video berjudul "Me at the zoo" itu diunggah Karim dan rekannya Yakov Lapitsky menceritakan kunjungannya ke kebun binatang San Diego, California, AS.

Saat itu harian The Los Angeles Times menyebut, video pertama itu menjadi dasar yang amat penting untuk masa depan layanan video berdurasi singkat.

Sementara harian The Observer menilai video tersebut kualitasnya amat buruk tetapi mendapatkan respon yang amat menakjubkan.

Baca juga : Berkat YouTube, Pria yang Hilang 40 Tahun Bertemu dengan Keluarganya

Hanya dalam waktu satu tahun sejak tayangan pertama ini, semua video yang diunggah ke YouTube sudah ditonton 100 juta kali.

Sedangkan video jalan-jalan di kebun binatang itu hingga Maret 2018 sudah ditonton setidaknya 45 juta kali dengan mendapatkan 430.000 komentar.

YouTube sendiri diciptakan tiga mantan karyawan PayPal yaitu Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim pada 14 Februari 2005.

Pada November 2006, Google membeli YouTube dengan harga 1,65 miliar dolar AS atau hampir Rp 23 triliun. Sejak saat itu YouTube menjadi salah satu anak perusahaan Google.

Keunggulan YouTube adalah memungkinkan penggunanya tak hanya menonton video tetapi juga mengunggah, menilai, membagikan, menambahkan video favorit, melaporkan, mengomentari , dan "berlangganan" video yang diunggah pengguna lainnya.

Halaman:
Baca tentang

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.