Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paduan Suara Indonesia The Resonanz Children's Choir Juara Lagi di Eropa

Kompas.com - 22/04/2018, 23:39 WIB
Dian Maharani,
Heru Margianto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Paduan suara the Resonanz Children's Choir (TRCC) yang dipimpin Avip Priatna keluar sebagai pemenang European Grand Prix for Choral Singing di Maribor, Slovenia, Sabtu (21/4/2018).

Untuk pertama kalinya Indonesia meraih juara EGP, setelah perhelatan paduan suara paling bergengsi ini berlangsung selama 30 tahun.

"Selamat kepada The Resonanz Children's Choir dan Avip Priatna untuk menjadi paduan suara Indonesia pertama yang memenangkan EGP for Choral Singing," tulis EGP melalui akun Facebook resminya, Sabtu.

Baca juga: Simak Video The Resonanz Childrens Choir Bawakan Bungong Jeumpa

TRCC tampil memukau membawakan lagu tradisional Bali berjudul "Janger" yang diaransemen Agustinus Bambang Jusana. Dalam video yang beredar di Facebook, seisi ruangan tersebut memberikan standing ovation.

 

Kemenangan ini juga diumumkan di akun Instagram TRCC @theresonanze.

Dalam unggahan di Instagram, TRCC mengungkapkan juga membawakan 6 karya lainnya, yaitu "Ad Amore"-Lee R. Kesselman, "Duo Seraphim"-Thomas Luis de Victoria, "Der Wassermann"-Robert Schumann, "Salve Regina"- komposer Indonesia, Ivan Yohan, "Steal Away"- aransemen Gwyneth Walker, dan "137 Hip Street"-komposer Indonesia, Fero Aldiansya Stefanus (b.1988). 

Tahun lalu paduan suara ini menjadi juara umum dalam kompetisi paduan suara Musica Eterna Roma International Festival & Competition. Baca: The Resonanz Childrens Choir Raih Juara Umum Kompetisi di Italia

Kemenangan di Italia dilanjutkan dengan kemenangan di Spanyol. TRCC  juga menjadi juara umum 2017 dari kompetisi Tolosa Choral Contest di Tolosa, Spanyol, pada November lalu.

The Resonanz Children?s Choir (TRCC) pimpinan Avip Priatna dinobatkan sebagai pemenang European Grand Prix for Choral Singing (EGP). Acara tersebut berlangsung  di Maribor, Slovenia pada tanggal 21 April 2018. Foto: theresonanzchildrenschoir.com. theresonanzchildrenschoir.com. The Resonanz Children?s Choir (TRCC) pimpinan Avip Priatna dinobatkan sebagai pemenang European Grand Prix for Choral Singing (EGP). Acara tersebut berlangsung di Maribor, Slovenia pada tanggal 21 April 2018. Foto: theresonanzchildrenschoir.com.

Dalam kompetisi di Slovenia kali ini, TRCC bersaing dengan enam juara umum grup paduan suara paling disegani di Eropa.  

"Kemenangan ini mengukir sejarah baru bagi dunia paduan suara, di mana untuk pertama kalinya paduan suara dari Indonesia menjadi juara EGP, sebuah perhelatan yang telah berlangsung selama 30 tahun," tulis TRCC melalui akun Instagram resminya.

 

The Resonanz Children’s Choir juara European Grand Prix in Choral Singing The Resonanz Children’s Choir (TRCC) pimpinan Avip Priatna dinobatkan sebagai pemenang European Grand Prix for Choral Singing (EGP). Acara tersebut berlangsung  di Maribor, Slovenia pada tanggal 21 April 2018. European Grand Prix in Choral Singing merupakan acara yang mempertandingkan para juara umum dari enam kompetisi paduan suara paling disegani di Eropa. TRCC adalah pemenang juara umum 2017 dari kompetisi Tolosa Choral Contest, yang berlangsung di Tolosa, Spanyol pada bulan November yang lalu. Pada kompetisi EGP ini, TRCC bersaing dengan para juara umum tahun 2017 dari kompetisi lainnya. Mereka adalah Allmänna Sången dari Swedia (juara umum International Choral Competition Gallus Maribor di Slovenia), Coro Musicanova dari Roma, Italia (juara umum Florilège Vocal de Tours, di Perancis), The Stockholms Musikgymnasium Chamber Choir dari Swedia (juara umum International May Choir Competition di Bulgaria), dan Beijing Philharmonic Choir dari Tiongkok (juara umum Concorso Polifónico Guido d'Arezzo di Italia). Dengan berkekuatan 44 penyanyi anak anak, TRCC tampil membawakan tujuh buah karya, yaitu ‘Ad Amore’ karya Lee R. Kesselman, ‘Duo Seraphim’ karya Thomas Luis de Victoria, ‘Der Wassermann’ karya Robert Schumann, ‘Salve Regina’ karya komposer Indonesia, Ivan Yohan, ‘Steal Away’ Arr. Gwyneth Walker, ‘137 Hip Street’ karya komposer Indonesia, Fero Aldiansya Stefanus (b.1988), dan lagu tradisional Bali berjudul ‘Janger’ yang diarransemen oleh Agustinus Bambang Jusana. Kemenangan ini mengukir sejarah baru bagi dunia paduan suara, dimana untuk pertama kalinya paduan suara dari Indonesia menjadi juara EGP, sebuah perhelatan yang telah berlangsung selama 30 tahun.

A post shared by The Resonanz Music Studio (@theresonanz) on Apr 21, 2018 at 1:40pm PDT

Video TRCC bawakan lagu tradisional Bali berjudul "Janger":

 

Kompas TV The Resonanz Childern Choir meraih juara umum di ajang paduan suara internasional di Spanyol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com