Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rayakan Ultah ke-92, Ratu Elizabeth II Tonton Konser Bertabur Bintang

Kompas.com - 22/04/2018, 15:27 WIB
Ericssen,
Veronika Yasinta

Tim Redaksi

LONDON, KOMPAS.com - Ratu Elizabeth II, genap berusia 92 tahun pada Sabtu (21/4/2018). Tidak seperti biasanya, perayaan ulang tahun penguasa terlama Inggris ini dirayakan secara terbuka dengan dihibur oleh gemerlap artis di Teater Royal Albert Hall, di pusat kota London.

The Straits Times melaporkan penyanyi kawakan Tom Jones yang terkenal sebagai penyanyi lagu tema film James Bond “Thunderball” membuka perayaan semarak ini dengan hitnya “Its not Unusual”.

Kylie Minogue, Sting, Ladysmith Black Mambazo dan Shaggy adalah bintang-bintang lain yang ikut memeriahkan ultah Elizabeth II.

Baca juga : Saat Ratu Elizabeth Bersama PM Justin Trudeau di Istana Buckingham...

Ratu monarki yang telah bertakhta selama 66 tahun itu biasanya memilih merayakan hari lahirnya secara tertutup dan pribadi.

Hanya sesekali perayaan dilakukan secara terbuka untuk publik misal ketika Elizabeth berusia 90 tahun.

Konser ini juga menandai penutupan KTT Negara Persemakmuran di London yang dihadiri 53 kepala negara dari negara bekas koloni Inggris.

Ratu Elizabeth II saat ini memegang rekor sebagai ratu kerajaan yang paling lama bertakhta dalam sejarah Inggris, yang juga merupakan negara monarki tertua di dunia.

Ratu juga masih terlihat sangat sehat dan rutin menjalankan tugas kenegaraannya. Belum terdengar kabar bahwa istri Pangeran Philip itu berencana untuk turun takhta, sebuah hal yang tidak lazim dalam tradisi kerajaan Inggris.

Baca juga : Ratu Elizabeth II Ingin Pangeran Charles Pimpin Persemakmuran

Dilansir dari AFP, perayaan ulang tahun Ratu Elizabeth II juga dihadiri kedua cucunya, Pangeran William dan Pangeran Harry, serta putranya, Pangeran Charles.

Konser yang diadakan untuk membantu badan amal The Queen's Commonwealth Trust ini juga disaksikan oleh Meghan Markle, tunangan Pangeran Harry.

"Atas nama Anda, organisasi ini menyediakan panggung bagi mereka yang bekerja untuk membuat perbedaan pada komunitas di 53 negara. Yang Mulia, selamat ulang tahun," kata Harry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com