Kompas.com - 19/04/2018, 22:40 WIB

TEHERAN, KOMPAS.com - Angkatan udara Irak telah melancarkan sebuah serangan "mematikan" ke wilayah Suriah pada Kamis (19/4/2018). Serangan udara tersebut menargetkan posisi sisa kelompok ISIS.

Kantor Perdana Menteri Irak dalam pernyataan resmi menyampaikan, serangan udara tersebut diperintahkan oleh Perdana Menteri haider al-Abadi dan dilakukan terhadap para teroris yang membahayakan wilayah Irak.

"Perdana Menteri Abadi telah memerintahkan serangan ke posisi kelompok teroris yang berpotensi akan membahayakan wilayah Irak," tulis pernyataan tersebut dilansir AFP.

Dalam sebuah video yang dirilis bersamaan, menampilkan dua jet tempur jenis F-16 milik angkatan udara Irak yang tengah beraksi.

Baca juga: Pemerintah Irak Cabut Blokade Udara Terhadap Wilayah Kurdistan

"Serangan ini menunjukkan peningkatan kapasitas angkatan bersenjata kami dalam memburu dan menghancurkan teroris," tambah pernyataan tersebut.

Serangan udara yang dilancarkan disebut telah berkoordinasi dengan pemerintahan Presiden Bashar al-Assad.

Irak telah menyatakan kemenangan atas ISIS pada Desember 2017 lalu setelah melalui pertempuran sejak 2014.

Namun sisa-sisa kelompok teroris tersebut diyakini masih mengendalikan wilayah kantong di gurun sepanjang perbatasan dengan Suriah.

Sementara itu, perwakilan militer dan pasukan keamanan dari Iran, Irak, Suriah dan Rusia telah menggelar pertemuan di Baghdad untuk berkoordinasi tentang upaya anti-terorisme.

"Kerja sama intelijen keempat negara untuk tujuan bersama dan misi anti-terorisme telah berhasil memulihkan stabilitas dan keamanan yang akan menjadi dasar kerja sama di masa depan," kata Menteri Pertahanan Iran, Jenderal Amir Hatami.

Baca juga: Australia Tarik Mundur Jet Tempur dari Koalisi Anti-ISIS di Irak

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.