Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini dalam Sejarah: Pemberontakan Yahudi Polandia terhadap Nazi

Kompas.com - 19/04/2018, 12:53 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

KOMPAS.com - Hari ini 75 tahun lalu, tepatnya 19 April 1943, warga Yahudi Polandia memberontak setelah Nazi Jerman berencana memindahkan mereka ke kamp konsentrasi Treblinka, 80 kilometer dari Warsawa.

Perlawanan sengit terhadap Nazi ini berlangsung selama empat pekan sebelum dihancurkan pada 16 Mei 1943.

Sebagai bagian dari "solusi akhir" untuk melenyapkan bangsa Yahudi dari Eropa, Adolf Hitler menciptakan ghetto atau perkampungan-perkampungan Yahudi yang sepenuhnya dikontrol pasukan Jerman.

Biasanya warga Yahudi sebuah daerah dikumpulkan di ghetto ini hingga mereka dipindahkan ke kamp-kamp konsentrasi untuk dieksekusi.

Baca juga : Kencingi Tugu Peringatan Holocaust, Remaja Israel Ditangkap

Di Warsawa, perkampungan Yahudi ini awalnya hanya dibatasi kawat berduri dengan bagian lain dari ibu kota Polandia itu.

Namun kemudian, Nazi membangun tembok setinggi tiga meter dan sepanjang 18 kilometer yang mencakup perkampungan Yahudi lama kota Warsawa.

Pasukan Nazi kemudian memindahkan sebuah warga keturunan Yahudi ke tempat itu pada musim panas 1942. Saat itu terkumpul sekitar 500.000 orang yang hidup dalam kawasan seluas 340 hektare.

Sebagian besar dari mereka tak memiliki tempat tinggal dan setiap rumah yang ada disesaki hingga sembilan orang di setiap kamar.

Tak hanya itu, wabah penyakit, terutama tipes, dan kelaparan terjadi yang menewaskan ribuan orang setiap bulannya.

Pada 22 Juli 1942, Nazi mulai memindahkan warga keturunan Yahudi itu ke kamp kematian Treblinka dengan jumlah rata-rata 5.000 orang sehari.

Baca juga : Korban Selamat Holocaust Meninggal pada Usia 110 Tahun

Kemudian antara Juli hingga September 1942, Nazi memindahkan 265.000 orang Yahudi dari Warsawa menuju ke Treblinka sehingga hanya tersisa 55.000 orang di ghetto Warsawa.

Saat pemindahan terus berlangsung, rasa putus asa di kalangan warga Yahudi yang tersisa membuat mereka nekat untuk angkat senjata dan melawan Nazi.

Sebuah kelompok perlawanan kemudian dibentuk yaitu Organisasi Perlawanan Yahudi (Zydowska Organizacja Bojowa, ZOB) yang perlahan namun pasti mengambil kendali ghetto.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com