Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini, Bioskop Pertama di Arab Saudi Putar "Black Panther"

Kompas.com - 18/04/2018, 16:09 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber AFP

RIYADH, KOMPAS.com - Setelah beberapa dekade, bioskop kembali beroperasi di Arab Saudi. Dan sebagai uji coba film box office "Black Panther" akan diputar pada Rabu (18/4/2018).

Sementara, bioskop akan benar-benar dibuka untuk publik Arab Saudi pada bulan depan setelah dilarang pemerintah Saudi sejak 35 tahun lalu.

Setelah pemerintah Saudi mencabut larangan operasional bioskop tahun lalu, negeri itu juga memberikan lisensi pertama untuk AMC Enterntainment, perusahaan asal AS, sebagai operator bioskop di negeri minyak itu.

Banyak warga sudah menanti setelah awal bulan ini pemerintah mengatakan bioskop pertama di Arab Saudi setelah tiga dekade akan dibuka di Riyadh, Rabu ini.

Baca juga : Bioskop Perdana di Arab Saudi Bakal Putar Film Black Panther

Namun, pekan ini, pemerintah mengatakan, bioskop yang akan beroperasi di distrik keuangan Raja Abdullah Riyadh itu baru merupakan uji coba.

"Ini akan menjadi yang pertama dari serangkaian uji ciba yang akan dihadiri para spesialis industri ini untuk mendukung persiapan final sebelum bioskop dibuka untuk publik," demikian pusat komunikasi internasional  Kementerian Penerangan Arab Saudi.

Sementara itu, CEO AMC Entertainment, Adam Aron yang akan hadir dalam uji coba bioskop di Riyadh, meneken kerja sama tak mengikat pada Desember lalu.

Dalam perjanjian itu tertuang Dana Investasi Publik Arab Saudi akan membangun dan mengoperasikan seluruh bioskop di Arab Saudi.

Media Saudi mengabarkan, AMC Entertaiment berharap bisa membuka 40 buah bioskop di 15 kota Saudi selama lima tahun ke depan.

Baca juga : Setelah 35 Tahun, Arab Saudi Bakal Punya Bioskop pada Bulan Ini

Jaringan industri bioskop internasional sudah lama mengincar potensi pasar Arab Saudi yang memiliki penduduk 30 juta jiwa dan sebagian besar dari mereka berusia di bawah 25 tahun.

Pencabutan larangan operasional bioskop ini merupakan salah satu kebijakan putra mahkota Arab Saudi Mohamed bin Salman sebagai salah satu langkah program reformasi Visi 2030.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com