Kompas.com - 18/04/2018, 05:07 WIB

RIYADH, KOMPAS.com - Arab Saudi menyampaikan keinginan untuk mengerahkan pasukan militernya ke Suriah sebagai bagian dari upaya menjaga keamanan dan kestabilan negara yang dilanda konflik tersebut.

Dilansir melalui AFP, Menteri Luar Negeri Adel al-Jubeir, Kerajaan Saudi mengungkapkan tengah berdiskusi dengan AS terkait kemungkinan pengiriman pasukan tersebut.

"Kami sedang berdiskusi dengan AS tentang pengiriman pasukan ke Suriah dan kami sejak awak krisis di negara itu telah merencanakan hal tersebut," kata Jubeir dalam konferensi pers di Riyadh, Selasa (17/4/2018).

Jubeir menekankan bahwa proposal pengiriman pasukan ke Suriah bukan hal baru. Pasalnya, Riyadh telah mengajukan proposal serupa pada pemerintahan AS sebelumnya di bawah Barack Obama.

Baca juga: Ingin Bangun Koalisi, AS Dekati Negara Arab

"Kami membuat proposal yang sama kepada pemerintah Obama bahwa jika AS mengirimkan pasukannya ke Suriah, maka Arab Saudi akan mempertimbangkan untuk bersama-sama mengirimkan pasukannya sebagai bagian dari kontingen," kata Jubeir.

Komentar menteri Saudi tersebut sekaligus menjawab laporan dari Wall Street Journal pada Senin (16/4/2018) yang menyebutkan bahwa pemerintah AS saat ini sedang berupaya mengumpulkan pasukan negara-negara Arab.

Laporan tersebut juga mengatakan AS telah menghubungi Qatar dan Uni Emirat Arab dalam upaya membantu menjaga kestabilan di Suriah.

Presiden AS Donald Trump telah mengumumkan akan menarik pasukan militernya dari Suriah secepat mungkin, setelah kelompok teroris ISIS dikalahkan dan diusir dari negara itu.

Dan untuk tetap menjaga kestabilan di Suriah pasca-penarikan tersebut, AS berniat membentuk koalisi pasukan negara-negara Arab.

Baca juga: Putra Mahkota Saudi Berharap Militer AS Tetap Bertahan di Suriah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.