Kompas.com - 17/04/2018, 17:16 WIB

KUNMING, KOMPAS.com - Seekor jerapah di sebuah kebun binatang di China tak sengaja "bunuh diri" setelah lehernya terjepit ke sebuah dahan pohon yang bercabang.

Hairong, nama jerapah itu, seperti biasa sedang bermain di lahan terbuka di kandangnya di Kebun Binatang Kunming, provinsi Yunnan, Senin (16/4/2018).

Namun hari itu, saat sedang menggarukkan lehernya ke sebuah dahan pohon yang bercabang, Hairong terjepit. Lehernya tersangkut tepat di antara dua dahan pohon.

Kejadian itu sontak membuat pengunjung kebun binatang cemas akan keselamatan jerapah tersebut.

Baca juga: Jerapah di Taman Safari Inggris Pecahkan Jendela Mobil Pengunjung

Diberitakan Thepaper.cn dilansir SCMP, petugas telah berupaya membantu Hairong melepaskan lehernya dari dahan pohon. Mereka berusaha menjangkau bagian leher jerapah yang tersangkut menggunakan tangga.

Namun upaya melepaskan bagian leher jerapah itu yang tersangkut tak berhasil dilakukan. Petugas kebun binatang akhirnya memutuskan memotong salah satu dahan pohon yang menjepit leher Hairong.

Setelah beberapa jam, dahan pohon dapat dipotong dan leher jerapah itu akhirnya dapat terbebas. Seketika tubuh hewan besar itu pun roboh.

Dokter hewan kebun binatang sempat memeriksa dan mencoba menyelamatkan nyawa Hairong. Namun akhirnya dokter mengumumkan jika jerapah berusia 10 tahun itu telah mati karena luka pada bagian tulang lehernya.

Hairong adalah salah satu koleksi dan menjadi bintang di kebun binatang Kunming sejak dipindahkan lima tahun lalu.

Baca juga: Baru Berumur 2 Hari, Anak Jerapah Ini Meninggal di Calgary Zoo, Kanada

Kematian jerapah Hairong pun menjadi kehilangan besar bagi kebun binatang Kunming.

Sejumlah pengunjung sempat merekam saat-saat petugas membebaskan leher jerapah yang terjepit.

Sementara petugas tengah menggelar penyelidikan atas insiden yang menewaskan mamalia raksasa asli Afrika itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Sun,SCMP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.