Leher Tersangkut Pohon, Seekor Jerapah di Kebun Binatang China Mati - Kompas.com

Leher Tersangkut Pohon, Seekor Jerapah di Kebun Binatang China Mati

Kompas.com - 17/04/2018, 17:16 WIB
Petugas kebun binatang Kunming di China saat berusaha membebaskan leher jerapah yang terjepit di antara dahan pohon.THE SUN/ASIAWIRE Petugas kebun binatang Kunming di China saat berusaha membebaskan leher jerapah yang terjepit di antara dahan pohon.

KUNMING, KOMPAS.com - Seekor jerapah di sebuah kebun binatang di China tak sengaja "bunuh diri" setelah lehernya terjepit ke sebuah dahan pohon yang bercabang.

Hairong, nama jerapah itu, seperti biasa sedang bermain di lahan terbuka di kandangnya di Kebun Binatang Kunming, provinsi Yunnan, Senin (16/4/2018).

Namun hari itu, saat sedang menggarukkan lehernya ke sebuah dahan pohon yang bercabang, Hairong terjepit. Lehernya tersangkut tepat di antara dua dahan pohon.

Kejadian itu sontak membuat pengunjung kebun binatang cemas akan keselamatan jerapah tersebut.


Baca juga: Jerapah di Taman Safari Inggris Pecahkan Jendela Mobil Pengunjung

Diberitakan Thepaper.cn dilansir SCMP, petugas telah berupaya membantu Hairong melepaskan lehernya dari dahan pohon. Mereka berusaha menjangkau bagian leher jerapah yang tersangkut menggunakan tangga.

Namun upaya melepaskan bagian leher jerapah itu yang tersangkut tak berhasil dilakukan. Petugas kebun binatang akhirnya memutuskan memotong salah satu dahan pohon yang menjepit leher Hairong.

Setelah beberapa jam, dahan pohon dapat dipotong dan leher jerapah itu akhirnya dapat terbebas. Seketika tubuh hewan besar itu pun roboh.

Dokter hewan kebun binatang sempat memeriksa dan mencoba menyelamatkan nyawa Hairong. Namun akhirnya dokter mengumumkan jika jerapah berusia 10 tahun itu telah mati karena luka pada bagian tulang lehernya.

Hairong adalah salah satu koleksi dan menjadi bintang di kebun binatang Kunming sejak dipindahkan lima tahun lalu.

Baca juga: Baru Berumur 2 Hari, Anak Jerapah Ini Meninggal di Calgary Zoo, Kanada

Kematian jerapah Hairong pun menjadi kehilangan besar bagi kebun binatang Kunming.

Sejumlah pengunjung sempat merekam saat-saat petugas membebaskan leher jerapah yang terjepit.

Sementara petugas tengah menggelar penyelidikan atas insiden yang menewaskan mamalia raksasa asli Afrika itu.


Terkini Lainnya


Close Ads X