Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini dalam Sejarah: Invasi AS di Teluk Babi

Kompas.com - 17/04/2018, 12:57 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

KOMPAS.com - Sepanjang sejarah dunia, Amerika Serikat menjadi salah satu negara yang paling kerap melakukan invasi militer ke negara lain.

Salah satunya adalah peristiwa yang dikenal sebagai "Invasi Telu k Babi" yang dimulai pada 17 April 1961 sebagai salah satu upaya Amerika Serikat menggulingkan pemimpin Kuba, Fidel Castro.

Sejak merebut kekuasaan dengan menggulingkan diktator Fulgencio Batista pada 1959, Castro sudah menjadi duri dalam daging bagi Amerika Serikat.

Sejak berkuasa di Kuba, Castro yang mengadopsi ideologi komunis langsung mendekatkan Kuba dengan Uni Soviet yang saat itu menjadi musuh AS dalam Perang Dingin.

Baca juga : Gagalnya Invasi Teluk Babi, Tamparan Castro Bagi Amerika Serikat

Presiden AS saat itu Dwight D Eisenhower, yang terkenal karena memimpin pendaratan Normandia, sangat mengkhawatirkan arah politik Castro.

Kekhawatiran itu yang membuat Eisenhower pada Maret 1960 menyetujui anggaran sebesar 13,1 dolar AS untuk mendanai rencana CIA menggulingkan Castro.

Dengan anggaran cukup besar itu CIA mulai mengorganisasi rencana operasi dengan membantu sejumlah kelompok kontra-revolusi Kuba.

CIA juga melatih Brigade 2506 di Guatemala dan pada 4 April 1961, Presiden John F Kennedy meneken persetujuan rencana invasi ke Kuba.

Sebanyak 1.400 personel paramiliter yang dibagi dalam lima batalion infantri dan satu batalion pasukan payung disiapkan di Guatemala sebelum diberangkatkan ke Kuba dengan menggunakan kapal pada 13 April 1961.

Dua hari kemudian, delapan pesawat pengebom B-26 menyerang sejumlah pangkalan udara Kuba dan langsung kembali pulang ke Amerika Serikat.

Pada 16 April 1961 malam, pasukan invasi utama mendarat di sebuah pantai bernama Playa Giron di Teluk Babi, pesisir selatan Kuba.

Baca juga : Hari Ini dalam Sejarah: Fidel Castro Dilantik Menjadi PM Kuba

Pada awalnya kedatangan pasukan invasi ini disambut hangat para milisi revolusioner setempat dengan harapan tinggi bisa menumbangkan pemerintahan Fidel Castro,

Namun, tanpa disangka pasukan invasi ini mendapatkan perlawanan sengit dari militer Kuba dan bahkan AU Udara Kuba yang berjumlah kecil mampu menenggelamkan sejumlah kapal pasukan penyerbu itu.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com