Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Pasukan Saudi Halau Serangan Rudal dari Pemberontak Yaman

Kompas.com - 17/04/2018, 12:40 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber Arab News

JEDDAH, KOMPAS.com - Pasukan Arab Saudi melumpuhkan rudal balistik yang ditembakkan oleh kelompok Houthi di Yaman pada Senin (16/4/2018) malam.

Juru bicara koalisi Saudi yang memerangi kelompok pemberontak Houthi, Turki Al-Maliki, mengatakan misil yang diluncurkan dari provinsi Amran di Yaman pada pukul 22.16 itu telah dipantau oleh Angkatan Udara Saudi.

Dilansir dari Arab News, misil ditargetkan menyerang area padat penduduk di provinsi Najran, Saudi. Namun, belum sampai ke tujuan, rudal berhasil ditembak jatuh oleh pasukan Saudi.

Baca juga : Saudi Lumpuhkan Rudal Pemberontak Yaman yang Ditembakkan ke Riyadh

Insiden terjadi beberapa jam setelah koalisi memperingatkan Houthi, apabila kelompok tersebut kembali menyerang Saudi dengan pesawat tanpa awak yang diduga disuplai oleh Iran.

Sebelumnya, pasukan Saudi menembak jatuh dua pesawat tanpa awak di wilayah sebelah selatan negeri itu, dan menghalau rudal balistik dari Yaman dalam beberapa waktu terakhir.

"Jika Houthi terus menargetkan fasilitas industri dan perumahan, balasan kami akan lebih kuat dan menyakitkan," kata Al-Maliki.

Dia mengatakan, Houthi telah menembakkan 119 misil balistik ke Arab Saudi.

Presiden Yaman Abed Rabbo Mansour Hadi pada pekan lalu menyatakan pesawat tanpa awak yang ditembakkan ke Saudi merupakan buatan Iran.

Dia menambahkan, militernya tidak memiliki peralatan tempur semacam itu dan sangat tidak mungkin diproduksi secara lokal di Yaman.

Baca juga : Presiden Perancis Diminta Bujuk Putra Mahkota Saudi Soal Krisis Yaman

Pada Rabu (11/4/2018), pasukan pertahanan udara Arab Saudi menghalau tiga rudal yang ditembakkan ke Riyadh dan kota lainnya.

Houthi mengaku memang menargetkan wilayah selatan Saudi dengan pesawat tanpa awak Qasif-1. Kerajaan Saudi menuduh Iran menyuplai perlengkapan rudal ke Houthi.

Pada bulan lalu, pasukan Arab Saudi mengklaim telah menghalau tujuh rudal milik pemberontak Yaman, yang masuk ke wilayah kerajaan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Arab News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com