Turki Tegaskan Tidak Memihak dalam Krisis di Suriah - Kompas.com

Turki Tegaskan Tidak Memihak dalam Krisis di Suriah

Kompas.com - 16/04/2018, 23:39 WIB
Wakil Perdana Menteri Turki Bekir Bozdag menegaskan kebijakan negaranya tidak memihak negara mana pun dalam krisis di Suriah.AFP/NICHOLAS KAMM Wakil Perdana Menteri Turki Bekir Bozdag menegaskan kebijakan negaranya tidak memihak negara mana pun dalam krisis di Suriah.

ANKARA, KOMPAS.com - Pemerintah Turki menegaskan bahwa mereka tidak berpihak maupun menentang negara mana pun dalam konflik di Suriah.

Hal tersebut disampaikan Wakil Perdana Menteri Bekir Bozdag, pada Senin (16/4/2018), sekaligus menambahkan Ankara memiliki kebijakan yang berbeda dengan Iran, Rusia maupun Amerika Serikat di kawasan itu.

Komentar Bozdag disampaikan sebagai jawaban atas pernyataan Presiden Perancis Emmanuel Macron yang mengatakan dukungan Turki terhadap serangan rudal ke Suriah telah menunjukkan bahwa pihaknya telah berselisih dengan Rusia.

Baca juga: Arab Saudi dan Turki Dukung Serangan AS ke Suriah


Serangan rudal yang dilancarkan AS beserta Inggris dan Perancis pada Jumat (13/4/2018) malam dengan menembakkan lebih dari 100 misil ke tiga lokasi yang diyakini terkait senjata kimia Suriah menjadi balasan atas tindakan rezim Bashar al-Assad yang menggunakan gas beracun di kota Douma.

Menanggapi tuduhan berselisih dengan Rusia dan mendukung AS serta sekutunya, Bozdag menegaskan bahwa Turki memiliki kebijakan yang berbeda.

" Kebijakan Turki atas Suriah tidak berdiri maupun bertentangan dengan negara mana pun. Tidak ada perubahan dalam kebijakan yang diambil Turki hingga saat ini," kata Bozdag menegaskan.

"Kami tidak memiliki kebijakan bersatu dengan AS mengenai YPG dan sikap kami tidak berubah. Kami juga menentang dukungan tanpa syarat untuk rezim (Suriah)," tambahnya seperti dikutip Gulf Times.

Turki telah bekerja sama dengan Rusia dan Iran untuk mengakhiri kekerasan di Suriah, namun Ankara tetap menuntut agar Presiden Assad mundur dari jabatannya dan mendukung kelompok pemberontak.

Baca juga: Turki, Rusia dan Iran Berkomitmen Capai Gencatan Senjata Abadi di Suriah

Turki juga berselisih pendapat dengan AS yang mendukung milisi YPG Suriah yang telah dianggap Ankara sebagai organisasi teroris karena berkaitan dengan Partai Kurdi yan melancarkan pemberontakan di Turki.

Dukungan Turki terhadap serangan udara yang dilancarkan AS beserta sekutunya lebih dalam segi memberikan pesan kepada Assad.

Bozdag mengatakan Turki tidak ragu untuk bekerja sama dengan negara mana pun yang dinilai membela nilai-nilai yang sama di Suriah.


Terkini Lainnya


Close Ads X