Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korut Berikan Gelar "Ibu Negara" kepada Istri Kim Jong Un

Kompas.com - 16/04/2018, 20:17 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Newsweek

PYONGYANG, KOMPAS.com - Istri Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un, Ri Sol Ju, tampil di hadapan publik tanpa sang suami untuk pertama kalinya.

Menemani utusan khusus sekaligus Ketua Departemen Luar Negeri Partai Komunis Song Tao, Ri menghadiri penampilan grup balet China di Pyongyang pekan lalu (14/4/2018).

Balet Nasional China, nama grup tersebut, hadir atas undangan Kim dan Ri ketika mereka berkunjung ke China 25 Maret lalu.

Baca juga : Penampilan Modis Istri Kim Jong Un Saat Berkunjung ke China

Kehadiran grup tersebut sekaligus memeriahkan Festival Seni dan Persahabatan Musim Semi, kegiatan untuk menghormati pendiri Korut, mendiang Kim Il Sung.

Media Korea Selatan (Korsel), Chosun Ilbo seperti dikutip Newsweek Senin (16/4/2018) memberitakan, untuk pertama kalinya Korut memberikan gelar "Ibu Negara" kepada Ri.

Sebelumnya, negeri komunis itu selalu menggunakan gelar "Kamerad (Comrade)" kepada perempuan yang berusia 28 tahun tersebut.

Dilaporkan Chosun Ilbo, kali terakhir Korut menggunakan gelar "Ibu Negara" adalah kepada istri Kim Il Sung, Kim Song Ae.

Ri mulai sering muncul ke publik sejak suaminya berusaha meningkatkan citra dirinya di hadapan komunitas internasional.

Yang Moo Jin, Profesor di Universitas Studi Korut berkata, ada kemungkinan Ri bakal menemani sang suami ke zona demiliterisasi Panmunjom pada 27 April mendatang.

Di kawasan tersebut, bakal digelar Konferensi Tingkat Tinggi Antar-Korea Ketiga antara Kim dengan Presiden Korsel Moon Jae In.

"Ri bakal ikut jamuan minum teh dan makan malam bersama Ibu Negara Korsel, Kim Jung Sook, ketika suaminya melangsungkan pertemuan," tutur Yang dilansir dari The Korea Herald.

Baca juga : Ri Sol-ju Bukan Istri Pertama Kim Jong Un

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Newsweek
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com