Bocah 13 Tahun Temukan Harta Karun Raja Legendaris Denmark - Kompas.com

Bocah 13 Tahun Temukan Harta Karun Raja Legendaris Denmark

Kompas.com - 16/04/2018, 18:52 WIB
Ilustrasi.Thinkstock Ilustrasi.

BERLIN, KOMPAS.com - Seorang bocah laki-laki berusia 13 tahun berhasil menemukan harta karun yang kemungkinan besar adalah milik raja legendaris Denmark Harald Si Gigi Biru.

Raja Harald ini sangat melegenda karena dia adalah sosok yang dianggap membawa agama Kristen ke negeri Eropa Utara itu.

Rene Schoen, seorang arkeolog amatir bersama muridnya Luca Malaschnitschenko sedang melakukan pencairan di pulau Ruegen di wilayah utara Jerman pada Januari lalu.

Kemudian, tiba-tiba mesin pendeteksi logam yang mereka gunakan berbunyi setelah menemukan sesuatu yang awalnya mereka anggap sebagai alumunium yang tak berharga.

Baca juga : Pemburu Harta Karun Temukan 350 Koin Emas Bernilai Rp 60 Miliar

Namun, setelah diperiksa dengan lebih teliti, alumunium tersebut ternyata adalah sekeping perak. Demikian dilaporkan media massa Jerman, Senin (16/4/2018).

Setelah temuan itu dilaporkan, badan arkeologi setempat pada akhir pekan lalu melakukan penggalian di areal seluas 400 meter persegi.

Sejak itu berbagai penemuan benda kuno bermunculan yang diyakini terkait dengan Raja Harald yang berkuasa di Denmark pada 958-986.

Sejumlah kalung, permata, bros, palu Thor, cincin, dan sekitar 600 keping uang logam, termasuk 100 keping yang berasal dari masa kekuasaan Raja Harald.

"Harta ini merupakan temuan terbesar terkait Raja Harald di wilayah selatan Laut Baltik dan sangat signifikan," kata arkeolog Michael Schirren kepada kantor berita DPA.

Koin tertua yang ditemukan adalah sekeping dirham Damaskus berasal dari tahun 714 sedangkan yang paling muda berasal dari tahun 983.

Para ahli menduga, harta tersebut dikubur sekitar akhir 980-an, yang juga merupakan masa di mana Raja Harald melarikan diri ke Pomerania hingga meninggal di tempat itu pada 987.

Pomerania adalah wilayah yang kini berada di wilayah selatan Laut Baltik mencakup kawasan utara Jerman dan Polandia.

Baca juga : Koin Emas Harta Karun Kapal Spanyol Ditemukan 100 Meter dari Pantai Florida

Raja Harald dikenang sebagai sosok yang mempersatukan Denmark. Raja keturunan Norwegia itu juga dikenal karena meninggalkan agama tradisional Nordik dan memeluk Kristen.

Namun, dia kemudian terpaksa kabur ke Pomerania setelah putranya Sven Gabelbart memberontak.

Nama julukannya, Si Gigi Biru (Bluetooth) kini diabadikan sebagai fitur teknologi nirkabel yang terdapat pada laptop atau ponsel pintar.


Komentar

Close Ads X