Kompas.com - 15/04/2018, 23:37 WIB

MANCHESTER, KOMPAS.com - Kepolisian Kota Manchester, Inggris belum lama ini memerintahkan agar sebuah boneka mainan disiapkan di setiap mobil patroli unit polisi lalu lintas.

Hal tersebut dilakukan sebagai persiapan apabila terjadi kasus kecelakaan lalu lintas yang melibatkan anak-anak.

Mengutip dari Metro.co.uk, boneka beruang tersebut disebut sebagai "Beruang Trauma" yang akan diberikan kepada anak-anak yang terlibat kasus kecelakaan, baik itu sebagai korban maupun saksi.

Baca juga: 740 Boneka Teddy Bear Jadi Simbol Ratusan Ribu Pengungsi Anak Suriah

"Boneka beruang itu disiapkan agar membuat anak-anak merasa nyaman dan fokus pada mainan saat petugas memeriksa kondisi anak yang terlibat kecelakaan atau saat memeriksa situasi di sekitar lokasi kejadian," kata Komisaris Polisi Kepolisian Besar Manchester Matt Picton.

Tak hanya oleh unit polisi Manchester, penggunaan mainan untuk menenangkan anak-anak di lokasi kejadian juga akan diterapkan pada unit kepolisian lainnya.

Di kota Sussex, kini warga bisa menyumbangkan boneka beruang kepada kepolisian yang akan digunakan sebagai "Beruang Trauma"

Kebijakan itu muncul pertama kali setelah salah seorang petugas menggunakan mainan untuk menenangkan seorang anak perempuan berusia sembilan tahun yang terlepas dari kedua orangtuanya.

Anak-anak kerap merasa takut kepada petugas polisi, sehingga mainan diharapkan dapat membantu dalam menenangkan dan membuat anak-anak percaya pada petugas dan tidak melarikan diri.

Baca juga: Boneka Beruang Pink yang Menyebar Pesan Kesehatan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.