Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Lalu Lintas di Kota Ini Selalu Bawa Boneka Beruang di Mobil Patroli

Kompas.com - 15/04/2018, 23:37 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

MANCHESTER, KOMPAS.com - Kepolisian Kota Manchester, Inggris belum lama ini memerintahkan agar sebuah boneka mainan disiapkan di setiap mobil patroli unit polisi lalu lintas.

Hal tersebut dilakukan sebagai persiapan apabila terjadi kasus kecelakaan lalu lintas yang melibatkan anak-anak.

Mengutip dari Metro.co.uk, boneka beruang tersebut disebut sebagai "Beruang Trauma" yang akan diberikan kepada anak-anak yang terlibat kasus kecelakaan, baik itu sebagai korban maupun saksi.

Baca juga: 740 Boneka Teddy Bear Jadi Simbol Ratusan Ribu Pengungsi Anak Suriah

"Boneka beruang itu disiapkan agar membuat anak-anak merasa nyaman dan fokus pada mainan saat petugas memeriksa kondisi anak yang terlibat kecelakaan atau saat memeriksa situasi di sekitar lokasi kejadian," kata Komisaris Polisi Kepolisian Besar Manchester Matt Picton.

Tak hanya oleh unit polisi Manchester, penggunaan mainan untuk menenangkan anak-anak di lokasi kejadian juga akan diterapkan pada unit kepolisian lainnya.

Di kota Sussex, kini warga bisa menyumbangkan boneka beruang kepada kepolisian yang akan digunakan sebagai "Beruang Trauma"

Kebijakan itu muncul pertama kali setelah salah seorang petugas menggunakan mainan untuk menenangkan seorang anak perempuan berusia sembilan tahun yang terlepas dari kedua orangtuanya.

Anak-anak kerap merasa takut kepada petugas polisi, sehingga mainan diharapkan dapat membantu dalam menenangkan dan membuat anak-anak percaya pada petugas dan tidak melarikan diri.

Baca juga: Boneka Beruang Pink yang Menyebar Pesan Kesehatan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com