Kompas.com - 14/04/2018, 13:55 WIB

DAMASKUS, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah mengumumkan serangan kepada Suriah, yang kemudian diikuti oleh Inggris dan Perancis.

Serangan yang dilakukan oleh Sekutu dengan menyasar tiga fasilitas milik Pemerintah Suriah tersebut menuai reaksi dari dunia.

Dilansir dari kantor berita AFP Sabtu (14/4/2018), berikut merupakan pernyataan pro maupun kontra dari negara, kelompok milisi, dan organisasi internasional:

Baca juga : Akhirnya, AS Gelar Serangan Udara terhadap Suriah

Pro
1. Israel
Tel Aviv menyebut, serangan yang dilakukan Sekutu kepada Suriah mutlak diperlukan. Karena rezim Bashar al-Assad telah melakukan "aksi pembunuhan".

Sumber internal pemerintahan berkata, tahun lalu Trump pernah mengatakan kalau penggunaan senjata kimia merupakan bentuk pelanggaran hukum.

"Kini, AS, Perancis, dan Inggris bertindak tepat karena mereka (Suriah) terus melakukan aksi pembunuhan," ujar sumber tersebut.

2. Kanada
Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau memberikan dukungannya terhadap operasi militer yang dilakukan Sekutu ke Suriah.

"Kanada mendukung keputusan tersebut sebagai bentuk pembatasan kemampuan Assad untuk menggunakan senjata kimia kepad rakyatnya sendiri," ujar Trudeau.

Baca juga : Jet Tempur Inggris Beraksi, Serang Fasilitas Militer Suriah

3. Turki
Melalui Kementerian Luar Negerinya, Turki menyambut baik keputusan negara Barat menyerang rezim Assad sebagai respon dugaan penggunaan senjata kimia.

"Kami menyambut baik operasi ini sebagai bentuk kesadaran akan hati nurani manusia melihat serangan di Douma yang dilakukan rezim tersebut," kata Kemenlu Turki.

Halaman:
Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.