Kompas.com - 13/04/2018, 17:22 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Sebuah robot dengan kecerdasan buatan meramaikan kampanye pemilihan wali kota Tama, sebuah distrik di Tokyo, Jepang.

Poster kampanye yang mempromosikan robot itu calon wali kota saat ini sudah tersebar di berbagai papan pemberitahuan bersama dengan kandidat lainnya.

Meski Jepang sudah lama berkutat dengan teknologi kecerdasan buatan, kejadian ini merupakan hal baru di Negeri Sakura.

Pasalnya, belum terdapat peraturan yang menyatakan kecerdasan buatan bisa digunakan untuk menggantikan tugas pelayanan publik tingkat tinggi seperti wali kota.

Baca juga : Inikah Robot Mata-mata Buatan Rusia?

Ternyata, pria bernama Michihito Matsuda (44) yang berada di balik kemunculan sosok kecerdasan buatan yang mencalonkan dirinya sebagai kandidat wali kota ini.

Matsuda mencalonkan diri sebagai wali kota dengan menggambarkan dirinya sebagai sosok kecerdasan buatan.

Dalam akun Twitter-nya yang kini menampilkan gambar sesosok robot, Matsuda memaparkanwali kota dengan kecerdasan buatan dapat menciptakan kebijakan yang seimbang dan adil bagi semua orang.

Ia juga menuliskan sejumlah keunggulan lain seperti kecepatan dalam mengumpulkan informasi dan pengetahuan.

Sebelum mengkampanyekan diri dengan menggunakan sosok kecerdasan buatan ini, Matsuda pernah mencalonkan diri sebagai wali kota Tama pada 2014 lalu. Namun saat itu, ia kalah dengan selisih suara yang cukup besar.

Pemilihan wali kota Tama akan diadakan 15 April mendatang. Meski belum pasti menang, Matsuda telah menawarkan ide untuk melibatkan kecerdasan buatan dalam politik dan pemerintahan.

Baca juga : Robot Seks Pintar untuk Jomblo dan Orang Tua Hadir di China

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.