Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Ancam Bakal "Hilangkan" Presiden Suriah

Kompas.com - 13/04/2018, 15:37 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

TEL AVIV, KOMPAS.com - Israel mengancam akan memusnahkan pemimpin Suriah bersama dengan rezimnya jika Iran melakukan tindakan balasan atas serangan ke pangkalan udara di Suriah yang terjadi Senin (9/4/2018) lalu.

Serangan udara yang menyasar pangkalan militer T-4 di provinsi Homs, Suriah itu telah menewaskan 14 personil termasuk tujuh tentara Iran. Pemerintah Suriah beserta sekutunya, Iran dan Rusia, menuduh Israel berada di belakang serangan itu.

Atas serangan itu, Iran mengancam akan melakukan pembalasan. Seorang pejabat senior Iran, Ali Akbar Velayati bahkan mengancam tidak bakal tinggal diam dan membiarkan "kejahatan" itu tak terjawab.

Baca juga: Serangan di Pangkalan Udara Pemerintah Suriah Tewaskan 14 Orang

"Kejahatan ini tidak akan berakhir tanpa ada jawaban," kata Velayati, yang juga merupakan penasihat Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, saat kunjungannya ke Suriah, Selasa (10/4/2018).

Serangan ke pangkalan militer Suriah itu terjadi kurang dari 24 jam setelah serangan di kota Douma yang diduga menggunakan senjata kimia terlarang.

Menanggapi ancaman dari Iran, pejabat senior Israel membalas dengan mengancam Presiden Suriah Bashar al-Assad akan "menghilang" jika Iran benar melakukan serangan balasan.

"Jika Iran mengambil tindakan melawan Israel dari wilayah Suriah, maka Assad dan pemerintahannya yang akan membayar," kata pejabat yang tidak disebutkan namanya itu.

"Pemerintah bersama dengan Assad akan hilang begitu saja. Kami merekomendasikan kepada Iran tidak bertindak melawan kami," tambahnya dilansir dari The New Arab.

Pejabat senior Israel itu juga mengancam kepada pemimpin Hizbullah, Hassan Nasrallah akan menerima balasan yang sama.

"Nasrallah perlu memahami bahwa nasibnya tidak akan lebih baik dari Assad. Dia juga akan membayar harga yang sangat mahal," ujarnya.

Baca juga: Rusia: Israel Pelaku Serangan terhadap Pangkalan AU Suriah

Dilaporkan media Haaretz, militer Israel kini tengah dalam siaga tinggi dan menilai ancaman balasan dari Iran sebagai hal yang sangat serius.

"Perbatasan utara Israel kini dalam siaga tinggi di tengah kekhawatiran akan serangan balasan yang mungkin dilakukan Iran dan Hizbullah," tulis media tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com