Kompas.com - 13/04/2018, 14:54 WIB
|

DAMASKUS, KOMPAS.com - Saat ini dunia tengah was-was menanti langkah lanjutan Presiden AS Amerika Serikat Donald Trump terhadap Suriah.

Sebelumnya, Trump mengancam untuk menindak tegas Suriah yang diduga melakukan serangan senjata kimia di kota Douma pada akhir pekan lalu.

Gugus tugas AL yang dipimpin kapal induk Harry S Truman sudah diperintahkan menuju ke Laut Tengah tak jauh dari wilayah Suriah.

Sementara, itu Rusia yang adalah sekutu utama Suriah sudah menegaskan bakal melawan setiap serangan yang dilakukan AS dan sekutunya.

Baca juga : Timteng Kian Panas, Begini Perimbangan Militer AS, Suriah, dan Rusia

Meski demikian Rusia sudah mempersiapkan sistem pertahanan anti-serangan udara S-400 untuk di lokasi-lokasi strategis Suriah.

Lalu mana saja lokasi-lokasi strategis yang kemungkinan besar akan menjadi sasaran serangan AS dan sekutunya?

1. Pangkalan AU Khmeimim

Instalasi militer ini terletak di kota Latakia, wilayah tenggara Suriah dan kini digunakan Rusia sebagai basis sejumlah jet tempurnya.

Selain melayani militer, sebagian fasilitas di tempat ini juga digunakan sebagai bandara internasional Bassel al-Assad, Latakia.

2. Pangkalan angkatan laut Tartus

Pangkalan ini adalah instalasi militer Suriah yang disewa Rusia dan terletak di pelabuhan Tartus, Suriah.

Hingga 2017, secara resmi Rusia hanya menggunakan tempat ini sebagai fasilitas pendukung teknis dan material bagi militernya.

Tartus adalah satu-satunya lokasi perbaikan dan pengisian logistik bagi AL Rusia di kawasan Mediterania dan di luar negeri.

Baca juga : Trump Belum Beri Keputusan Terkait Serangan di Suriah

Pangkalan AL Tartus saat ini mampu mengakomodasi empat kapal perang kelas menengah jika kedua dermaganya dioperasikan.

Namun, pangkalan ini belum mampu mengakomodasi kapal perang besar dengan panjang 129 meter seperti fregat kelas Neustrashimyy hingga kapal perusak kelas Udaloy dengan panjang kapal hingga 163 meter.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.