Kompas.com - 12/04/2018, 23:08 WIB

ALJIER, KOMPAS.com - Presiden Aljazair Abdelaziz Bouteflika mengumumkan negara itu bakal memasuki masa perkabungan selama tiga hari.

Diwartakan Al Jazeera Kamis (12/4/2018), keputusan itu dibuat menyusul jatuhnya pesawat militer mereka di areal persawahan pada Rabu (11/4/2018).

Sebanyak 257 orang dilaporkan tewas dalam kecelakaan pesawat paling parah yang pernah dialami oleh negara tersebut sejak 2003.

Dalam keterangan tertulisnya, Kementerian Pertahanan Aljazair menjelaskan kalau sebagian besar korban merupakan personel militer dan keluarganya.

Baca juga : Pesawat Militer di Aljazair Jatuh Sesaat Setelah Lepas Landas

Selain itu, terdapat juga korban dari Western Sahara, teritori yang diduduki Maroko setelah Spanyol menarik diri pada 1975.

Front Polisario, kelompok separatis yang menginginkan kemerdekaan di Western Sahara berujar, 26 anggotanya tewas.

"Selain itu, terdapat laporan 30 orang Western Sahara, termasuk anak-anak dan perempuan, juga menjadi korban," kata anggota senior dari partai penguasa FLN.

"Dalam kenyataan yang menyakitkan ini, kami sebagai pemerintah menawarkan duka cita secara mendalam kepada keluarga korban," ujar kementerian pertahanan.

Televisi milik pemerintah Ennahar TV memberitakan, pesawat jenis Ilyushin IL-76 itu awalnya hendak menuju Bechar yang berada di barat daya Aljazair.

Namun, sesaat setelah lepas landas dari Pangkalan Boufarik, pesawat buatan Uni Soviet itu jatuh ke areal persawahan dekat pangkalan, dan terbakar.

Sebelumnya di 2003, pesawat Air Algerie jatuh di Tamanrasset, dan membunuh 102 penumpangnya.

Di 2014, lebih dari 70 orang personel militer yang sedang cuti dan keluarganya tewas ketika pesawat Hercules C-30 jatuh di pegunungan Djebel Fertas.

Baca juga : Pesawat Militer Jatuh di Aljazair, 200 Orang Dikhawatirkan Tewas

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.