Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Serangan Buaya, Seorang Pria Sembunyi 20 Jam di Pohon Mangrove

Kompas.com - 12/04/2018, 15:02 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber ABC News

CREEK, KOMPAS.com — Apa yang Anda lakukan jika melihat keberadaan buaya liar ketika tersesat di hutan? Pria di Australia memilih bersembunyi di pohon dan opsi itu berhasil menyelamatkan nyawanya.

Brian Duncan (60) tersesat di hutan mangrove yang penuh dengan buaya di dekat Chinaman Creek, kawasan industri Cairns, Queensland, Australia, saat mencari jalan pulang seusai jalan-jalan sore.

Tak ingin tewas dilahap buaya, Duncan memutuskan mencari tempat persembunyian di antara pohon mangrove selama 20 jam. Dia dilaporkan hilang sejak Rabu (11/4/2018) sore.

"Saya pergi keluar untuk menaruh perangkap kepiting. Ketika saya melihat sekeliling dan berjalan pulang, air malah pasang," ucapnya, Kamis (12/4/2018), seperti dilansir dari ABC News.

Baca juga: Makan Tanpa Bayar di Restoran, Pasangan di Australia Jadi Buronan

"Saya tidak ingin berjalan saat air dalam karena ada banyak buaya, jadi saya memanjat pohon dan menghabiskan malam di sana," katanya.

"Saya menemukan pohon yang nyaman dan bersandar. Itu pohon yang besar," tambahnya.

Duncan menyadari keluarganya akan khawatir ketika dia memutuskan bermalam di pohon. Namun, dia tidak ingin mengambil risiko dengan menghadapi buaya.

"Saya memikirkan mereka (keluarga), tetapi saya tidak bisa menelepon karena tak ada sinyal di ponsel saya," kata Duncan.

Helikopter penyelamat gagal menemukan keberadaan Duncan. Polisi senior Cairns, Gil Dyett, telah mengerahkan sejumlah polisi, polisi air, staf telepon darurat, dan sebuah helikopter untuk mencari Duncan.

"Saya pikir setelah melalui ini semua, dia menyadari betapa beruntungnya dia," kata Dyett.

Baca juga: Kasus Pencurian Senjata di Australia Meningkat dalam 10 Tahun Terakhir

Duncan dapat berkumpul kembali bersama dengan keluarganya setelah berjalan kaki cukup jauh. 

"Saya harus pergi ke tempat yang terlihat sehingga dia dapat melihat saya, tetapi helikopter terbang begitu saja di atas saya," ucapnya.

Meski hanya menderita bintik-bintik akibat gigitan serangga, Duncan mengaku tidak akan lagi kembali berjalan di sekitar hutan mangrove.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ABC News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com