Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Selam Inggris Sudah Berada Dalam Jarak Tembak Misil ke Suriah

Kompas.com - 12/04/2018, 13:17 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Perdana Menteri Inggris Theresa May, Kamis (11/4/2018) malam, memerintahkan sejumlah kapal selam Inggris bergerak mendekati Suriah.

Kapal-kapal selam Inggris itu kini berada dalam jarak tembak misil sebagai bentuk kesiapan melakukan serangan terhadap Suriah.

Harian The Telegraph mengabarkan, PM May belum memutuskan keterlibatan Inggris dalam serangan itu bersama Inggris dan Perancis terkait serangan senjata kimia di kota Douma akhir pekan lalu.

Sejumlah sumber pemerintah Inggris, seperti dikutip The Telegraph, mengatakan bahwa Inggris akan melakukan langkah yang diperlukan agar bisa menembakkan misil penjelajah Tomahawk dari kapal selam ke sejumlah sasaran militer di Suriah.

Baca juga : WHO: Sekitar 500 Warga Suriah di Douma Terpapar Zat Kimia Berbahaya

PM May sudah mengumpulkan kabinetnya untuk mendiskusikan respon pemerintah Inggris terhadap serangan senjata kimia di Suriah.

Namun, BBC mengutip sejumlah sumber mengabarkan, Inggris kemungkinan akan ikut terlibat dalam serangan militer itu sebelum persejuan parlemen diperoleh.

Masih menurut BBC, PM May ragu untuk meminta Amerika Serikat menunda aksi militer hingga dia melakukan konsultasi dengan parlemen Inggris.

Sebab, para anggota parlemen baru akan kembali bekerja pada pekan depan setelah menjalani reses sekaligus liburan Paskah.

Sejauh ini, PM May belum menuding pemerintah Suriah sebagai pelaku serangan senjata kimia tetapi dia mengatakan aksi militer diperlukan jika Presiden Bashar al-Assad terbukti memerintahkan serangan senjata kimia itu.

Baca juga : Suriah Undang Tim Pencari Fakta Senjata Kimia Datang ke Douma

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com