Kompas.com - 11/04/2018, 16:01 WIB
|

BRUSSELS, KOMPAS.com - Eurocontrol, sebuah badan Uni Eropa yang mengendalikan lalu lintas udara di Benua Biru, menerbitkan peringatan untuk maskapai-maskapai penerbangan di sekitar Laut Tengah.

Eurocontrol memperingatkan mereka agar bersiap mengantisipasi serangan NATO terhadap Suriah dalam waktu dekat.

"Terkait kemungkinan serangan udara terhadap Suriah dalam 72 jam mendatang dan kemungkinan gangguan transmisi radio, sehingga perlu rencana penerbangan di wilayah Mediterania Timur/Nicosia," demikian Eurocontrol, Selasa (10/4/2018).

Eurocontrol meminta para pilot bersiap untuk menerima notice to airmen (NOTAM) terkait risiko penerbangan dan kendala yang mungkin muncul.

Baca juga : Rusia Memveto Draf Penyelidikan Penggunaan Senjata Kimia di Suriah

Sebelumnya, pada Senin (9/4/2018), Presiden AS Donald Trump mengatakan tengah mempertimbangkan secara serius aksi militer terhadap pemerintahan Bashar al-Assad terkait dugaan serangan senjata kimia di kota Douma pada 7 April lalu.

Trump mengatakan, keputusan penting akan diambil dalam tempo maksimal 48 jam.

Sebuah serangan udara sudah dilakukan terhadap sebuah pangkalan AU Suriah pada Senin lalu, meski tak ada negara yang mengaku bertanggung jawab.

Damaskus, Moskwa, dan Teheran mengatakan, serangan udara tersebut dilakukan AU Israel dari wilayah udara Lebanon.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.