Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Keluarga di Inggris Keracunan Gara-gara Membersihkan Akuarium

Kompas.com - 10/04/2018, 18:45 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

OXFORDSHIRE, KOMPAS.com - Satu keluarga di Inggris beserta sejumlah petugas pemadam kebakaran harus dilarikan ke rumah sakit, setelah gas beracun dari sebuah tanaman karang menyebar di dalam rumah.

Chris Matthews (27) dan keluarganya tidak sadar jika mereka keracunan gas yang ditimbulkan dari tanaman karang saat mereka sedang membersihkan akuarium di rumah mereka di Steventon, Oxfordshire.

Melansir dari Metro.co.uk, saat itu Chris mengeluarkan karang hias dari dalam akuarium dan tak sengaja menggoresnya. Akibatnya, karang itu mengeluarkan gas beracun yang tidak disadarinya.

Keesokan harinya, Chris, kekasihnya, kedua orangtunya, serta saudara perempuannya jatuh sakit dan harus dilarikan ke rumah sakit.

Baca juga: Makan Daging Sapi yang Mati Digigit Ular Kobra, 60 Orang Keracunan

"Kami bangun di pagi hari merasa grogi dan awalnya mengira hanya karena flu. Tapi kemudian kami melihat dua anjing peliharaan kami menunjukkan gejala yang sama. Saat itulah kami sadar ada yang tidak beres," kata Chris.

"Rasanya lebih buruk dari flu, kami tidak dapat berkonsentrasi pada apa pun. Kami tidak bisa mengatur suhu, bahkan harus berjuang untuk bernapas dan terbatuk."

"Jika kami menghabiskan satu malam lagi di ruang kami pasti dalam bahaya. Menurut dokter hewan, kondisi dua anjing kami juga sangat buruk," tambahnya.

Khawatir keluarganya keracunan, Chris menghubungi ambulans yang membawa mereka ke rumah sakit.

Dinas pemadam kebakaran turut membantu mengevakuasi keluarga Chris, namun begitu memasuki rumah mereka, empat petugas turut keracunan.

Petugas keamanan memutuskan mengisolasi rumah keluarga Chris demi mencegah timbulnya korban lain.

Selama satu malam seluruh jendela dan pintu rumah dibuka untuk membantu pergantian udara. Sementara petugas ahli kimia memindahkan sisa karang beracun dari akuarium.

Diketahui kemudian jika Chris sekeluarga keracunan gas palitoksin yang dapat menyebabkan kematian jika tertelan. Gak tersebut dihasilkan oleh karang hias jenis Pulsing Xenia.

Baca juga: Makan Biji Aprikot untuk Lawan Kanker, Pria Ini Keracunan Sianida

"Informasi semacam ini tidak saya temukan di internet maupun cara menanganinya. Saya ingin pengalaman ini bisa menjadi pelajaran bagi orang lain," kata Chris.

Chris menggemari akuarium dan telah memelihara ikan tropis selama 12 tahun. Namun pengalaman yang nyaris membunuhnya itu tidak akan menghentikan kegemarannya akan satwa laut eksotis itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com