Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah di Dubai Ini Tak Pernah Berikan PR untuk Para Siswanya

Kompas.com - 10/04/2018, 12:49 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber Al Arabiya

DUBAI, KOMPAS.com - Sebuah sekolah yang berbasis di Dubai belum lama ini mengambil kebijakan tak memberi pekerjaan rumah bagi para siswanya.

Manajemen Rising School, nama sekolah itu, mengutip hasil studi Universitas Stanford yang menyebut pekerjaan rumah hanya akan memberi dampak buruk bagi para siswa.

Sekolah yang menerapkan kurikulum Amerika itu tak sembarangan mengambil kebijakan tanpa pekerjaan rumah ini.

Manajemen sekolah berpendapat terlalu banyak pekerjaan rumah membuat tingkat stres siswa semakin tinggi yang bisa berpengaruh terhadap kondisi fisik mereka.

Baca juga : Tak Bisa Selesaikan PR, Siswi Kelas 6 SD Mencoba Bunuh Diri

Selain itu, tak semua orangtua memiliki kemampuan untuk membantu anak-anak mereka belajar dan mengerjakan pekerjaan rumah.

"Banyak alasan valid mengapa kami tidak memberikan pekerjaan rumah demi perkembangan proses belajar," kata Michael Bartlett, kepala sekolah Rising School, kepada Gulf News.

"Satu contoh, pelajar yang berjuang untuk memahami materi pelajaran mungkin akan terbebani dengan perasaan tak berdaya. Sementara bagi siswa yang cerdas pekerjaan rumah bisa jadi tak terlalu menantang lagi," tambah Bartlett.

Dengan kebijakan tanpa pekerjaan rumah ini, lanjut Bartlett, memungkinkan siswa mengembangkan hobi dan minat mereka serta memfasilitasi perkembangan mereka di antara orang dewasa.

"Hasilnya, mereka memiliki waktu untuk membahas buku bagus dengan orangtua, meningkatkan kemampuan bahasa mereka serta memicu kreatifitas," tambah Bartlett.

Bartlett mengatakan, dengan pendekatan ini pihak sekolah justru mendorong siswanya untuk mengeksplorasi situasi sekitar tanpa harus terbebani pekerjaan rumah.

Baca juga : Bahayanya Jika Anak Terlalu Banyak PR dari Sekolah


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com