Kompas.com - 09/04/2018, 13:49 WIB

DAMASKUS, KOMPAS.com - Pagi-pagi sekali, sebuah rudal menerjang pangkalan udara pemerintah Suriah dan menewaskan 14 orang, temasuk pasukan Iran, Senin (9/4/2018).

"Setidaknya 14 prajurit tewas dalam serangan di bandara T-4, termasuk pasukan Iran," kata Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, lembaga monitor yang berbasis di Inggris, seperti dilansir dari AFP.

Sementara, media pemerintah Suriah melaporkan beberapa orang tewas dan terluka dalam serangan itu, tanpa menjelaskan jumlah korban dalam angka.

Pangkalan T-4 terletak di provinsi Homs, yang juga dikenal bandara Tiyas.

Baca juga : AS Bantah Terlibat dalam Serangan Rudal di Pangkalan Militer Suriah

Kepala Observatorium Suriah Rami Abdel Rahman mengatakan, pasukan pemerintah Suriah bersekutu dengan Rusia dan Iran, juga berada di pangkalan udara ketika serangan terjadi.

Lembaga yang memiliki banyak jaringan sumber itu mengaku, pihaknya belum dapat mengonfirmasi pelaku yang meluncurkan serangan tersebut.

Namun, pada Februari lalu, Israel pernah menyerang pangkalan militer milik pemerintah Suriah, yang kala itu diidentifikasi sebagai T-4.

Juru bicara militer Israel menolak berkomentar terkait serangan rudal pada pagi ini.

Serangan di pangkalan udara militer terjadi setelah pasukan Suriah berupaya memukul mundur pemberontak di Douma, Ghouta Timur. Mereka diduga menggunakan senjata kimia, sehingga menewaskan puluhan warga sipil.

Baca juga : Trump Beri Peringatan soal Dugaan Serangan Racun Kimia di Suriah

Amerika Serikat dan Perancis mengutuk tindakan pasukan Suriah atas penyerangan dengan senjata kimia tersebut.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.