Kompas.com - 09/04/2018, 08:37 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Gempa bumi mengguncang wilayah Jepang bagian barat pada Senin (9/4/2018). Pihak berwenang memperingatkan kemungkinan guncangan lebih kuat bisa terjadi dalam beberapa hari ke depan.

The Mainichi melaporkan, gempa terjadi pada pukul 01.32 dini hari waktu setempat dengan magnitudo 6,1. Dilansir dari AFP, Badan Pemantau Geologi Amerika (USGS) melaporkan gempa di Jepang tercatat dengan magnitudo 5,7.

Badan Meteorologi Jepang (JMA) mencatatkan pusat gempa terjadi di kedalaman 12 km menyebabkan guncangan kencang di sebagian wilayah Shimane, di pesisir Laut Jepang.

Baca juga : Gempa Magnitudo 6,0 Guncang Mindanao di Filipina

Sebanyak empat orang dilaporkan terluka di kota Oda, termasuk seorang remaja berusia 17 tahun yang terjatuh dari tempat tidurnya.

Sementara itu, akses air di sekitar 100 rumah mati, begitu juga listrik yang padam di 50 rumah di kota Oda.

Pemerintah setempat telah menerjunkan petugas untuk memberikan suplai air di area tersebut.

Beberapa bangunan dilaporkan mengalami kerusakan, dan terjadi retakan di jalan.

Namun, tidak ada masalah terkait dengan pembangkit listrik ternaga nuklir Shimane yang berada di dekatnya.

Baca juga : Total Korban Tewas Gempa Magnitudo 7,5 di Papua Niugini Capai 125 Jiwa

Jepang terletak di "Cincin Api" Pasifik, di mana wilayah itu merupakan lokasi di mana sebagian besar gempa bumi dan letusan gunung berapi terjadi.

Gempa bermagnitudo 9,0 pernah menghancurkan wilayah Jepang pada 11 Maret 2011. Pusat gempa yang berada di bawah Samudera Pasifik itu menyebabkan tsunami dan merenggut nyawa ribuang orang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.