Kompas.com - 07/04/2018, 16:28 WIB

CHIANG MAI, KOMPAS.com - Seekor gajah yang buta di kedua matanya diselamatkan dan akhirnya mendapatkan kebebasan setelah dipaksa bekerja mengangkut turis selama 16 tahun.

Ploy Thong, nama gajah itu, diselamatkan oleh staf Yayasan Penyelamat Gajah dari pemiliknya yang mempekerjakanya di sebuah tempat wisata di Pattaya, Thailand.

Tidak dijelaskan mengapa Ploy Thong yang diperkirakan berusia 30 tahun itu mengalami buta di kedua matanya. Namun sebelum dipekerjakan di tempat wisata, gajah itu pernah bekerja di sebuah sirkus.

Dilansir dari Metro.co.uk, di Pattaya, Ploy Thong harus bekerja membawa turis di punggungnya sejak pagi hingga matahari terbenam.

Karena kedua matanya yang buta, Ploy Thong mengandalkan belalainya untuk meraba dan mencari rute, sementara para turis duduk di punggungnya.

Baca juga: Seekor Gajah Sirkus Mati dalam Kecelakaan Truk di Spanyol

Ploy Thong ditemukan oleh staf Yayasan Penyelamat Gajah saat mereka dalam misi membebaskan seekor gajah lain bernama Bua Keaw di Pattaya.

Setelah melihat kondisi Ploy Thong yang menyedihkan, staf memutuskan akan membebaskannya.

"Kami melihatnya sedang dipekerjakan saat dalam perjalanan menyelamatkan gajah bernama Bua Keaw. Kami kemudian menemui pemilik Ploy Thong dan mulai bernegosiasi untuk pembebasannya," kata salah seorang staf Yayasan Penyelamat Gajah.

Setelah mencapai kesepakatan dengan sang pemilik, yayasan membawa Ploy Thong ke Taman Alam Gajah di distrik Mae Taeng, Provinsi Chiang Mai, Thailand, dan untuk pertama kalinya setelah diselamatkan, Ploy Thong dipertemukan dengan gajah lain di taman itu pada 3 Februari lalu.

Momen pertemuan Ploy Thong dengan gajah lain itu direkam oleh staf Taman Alam Gajah. Tampak Ploy Thong yang berusaha meraba jalan menggunakan belalainya.

Baca juga: Gajah di India Merokok, Apa yang Sebenarnya Terjadi?

Tak butuh waktu lama bagi Ploy Thong untuk berkenalan dengan gajah lain menggunakan belalainya dan tampaknya Ploy Thong telah diterima dalam kawanan gajah di taman alam tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.