Kompas.com - 06/04/2018, 21:16 WIB
|

DAMASKUS, KOMPAS.com - Militer Suriah dikabarkan menemukan sejumlah senjata milik NATO dan buatan Israel di gudang senjata ISIS, Kamis (5/4/2018).

Persenjataan itu ditemukan di tengah operasi yang dilakukan AD Suriah untuk mengamankan wilayah yang baru saja "dibersihkan" dari ISIS di sisi timur dan barat daya negeri itu.

AD Suriah menggelar operasi di desa Al-Salehiyeh, Al-Dowayer, Al-Kashmeh, dan Sabikhan di provinsi Deir ez-Zor.

Di tempat itulah AD Suriah menemukan gudang  milik ISIS yang berisi persenjataan dan amunisi buatan Israel dan NATO. Demikian kantor berita SANA melaporkan.

Baca juga : Pasukan Irak Temukan Gudang Senjata ISIS

Dalam video yang diunggah ke internet, terlihat puluhan senjata berupa roket pelontar granat (RPG), amunisi berkaliber besar, roket-roket kelas berat, termasuk bom rakitan, rompi bom bunuh diri, dan persenjataan kimia.

Sejumlah persenjataan yang ditemukan AD Suriah itu amat jelas masih memiliki tanda buatan Israel dan Amerika Serikat.

Seorang perwira AD Suriah kepada kantor berita SANA mengatakan, banyak senjata jenis RPG ditemukan di sebuah gudang rahasia di desa Al-Salehiyeh.

Sedangkan gudang di desa Al-Dowayer berisi peluncur roket dan berbagai jenis peluru mortar. Sementara, misil anti-tank ditemukan di desa Al-Kashmeh.

Dan di desa Sabikhan, AD Suriah menemukan tak kurang dari 60.000 butir peluru termasuk beberapa tong bahan kimia yang biasa digunakan untuk membuat bom rakitan.

Baca juga : Mobilnya Lindas Ranjau Darat, Jenderal Senior AD Suriah Tewas

Sementara di video kedua diperlihatkan tumpukan peluru artileri, misil anti-tank, dan persediaan peluru dalam jumlah banyak.

Seluruh persenjataan itu diyakini digunakan ISIS saat mengepung provinsi Deir ez-Zor yang berlangsung selama tiga tahun sebelum mereka diusir pasukan Suriah dan sekutunya pada September 2017.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.