Kompas.com - 06/04/2018, 16:49 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump kembali menegaskan komitmennya untuk mengirim militer ke perbatasan AS-Meksiko.

Diwartakan The Independent Kamis (5/4/2018), Trump memberikan estimasi berapa jumlah serdadu yang bakal dikerahkannya ke perbatasan dengan Meksiko.

"Antara 2.000 sampai 4.000 orang. Mungkin, kami bisa menambah jumlah tersebut hingga tembok selesai dibangun," kata Trump selepas sebuah acara di Virginia Barat.

Pernyataan Trump keluar setelah dia dilaporkan telah menandatangani memo untuk mengerahkan Garda Nasional guna melindungi perbatasan pada Rabu (4/4/2018).

Dalam memo tersebut, Trump meminta kepada Menteri pertahanan Jim Mattis untuk mengajukan permohonan pengerahan Garda Nasional.

Baca juga : Halau Rombongan Migran, Trump Sanjung Pemerintah Meksiko

Nantinya, Kementerian Keamanan Dalam Negeri bakal membantu mengarahkan, dan melatih Garda Nasional apa saja yang harus mereka lakukan untuk menjaga perbatasan.

"Saat ini, keamanan AS sedang terancam setelah aktivitas ilegal di perbatasan selatan meningkat drastis," kata Trump dalam memo tersebut.

Menteri Keamanan Dalam Negeri Kirstjen Nielen berujar, ini merupakan waktu yang tepat bagi Washington untuk bertindak.

"Kami berharap penempatan pasukan bakal dimulai secepatnya. Kami bekerja secepat yang kami bisa," papar Nielsen.

Trump melanjutkan, pasukan AS bakal berada di sana hingga nantinya pembangunan tembok perbatasan selesai dilakukan.

"Berapa biaya yang dibutuhkan untuk membangun tembok perbatasan, saat ini kami tengah mengkajinya," kata presiden berusia 71 tahun itu.

Dari anggaran yang diterimanya pada Maret lalu, Trump menerima 1,6 miliar dolar AS, sekitar Rp 22 triliun, untuk keamanan perbatasan.

The Independent melaporkan, dari anggaran tersebut, tidak diketahui berapa yang digunakan untuk membangun tembok perbatasan AS-Meksiko.

Baca juga : Trump Setuju Pasukan AS Bertahan di Suriah, tapi...

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.