Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bioskop Perdana di Arab Saudi Bakal Putar Film "Black Panther"

Kompas.com - 06/04/2018, 11:14 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

RIYADH, KOMPAS.com - Setelah 35 tahun keberadaan bioskop dilarang di Arab Saudi, kerajaan akan membuka bioskop pertamanya pada 18 April 2018.

Film laris Hollywood, Black Panther, berkesempatan menjadi film perdana yang diputar di bioskop di kawasan bisnis Raja Abdullah, di Riyadh.

Penonton tidak akan dipisahkan berdasarkan jenis kelamin mereka. Laki-laki dan perempuan akan menyaksikan secara bersamaan di bioskop baru dengan kapasitas 500 kursi yang terbuat dari kulit.

Tak hanya itu, bioskop juga memiliki fasilitas kamar mandi terbuat dari marmer.

"Kami berpikir, ini akan menjadi gedung bioskop tercantik di seluruh dunia," ujar CEO AMC Entertainment Adam Aron, seperti dilansir dari The Verge, Kamis (5/4/2018).

Baca juga : Setelah 35 Tahun, Arab Saudi Bakal Punya Bioskop pada Bulan Ini

Film yang dibintangi Chadwick Bosemen, Michael B Jordan, dan Lupita Nyong'o ini telah meraup pendapatan hingga 1 miliar dollar Amerika Serikat atau Rp 13,7 triliun di seluruh dunia, dan menjadikannya sebagai film terlaris ke-10 sepanjang masa.

Sementara, Bioskop AMC berencana untuk membangun 100 gedung bioskop dia 25 kota berbeda di seluruh Arab Saudi hingga 2030.

Gedung bioskop akan tersebar di 40 lokasi, di 15 kota, akan dibuka dalam lima tahun pendatang.

Untuk melayani populasi lebih dari 32 juta penduduk, yang mayoritas berusia di bawah 30 tahun, Saudi akan mendirikan 350 bioskop dengan lebih dari 2.500 layar hingga 2030.

"Pasar Saudi sangat besar, dengan mayoritas penduduk yang ingin menonton film favorit mereka di sini," kata Menteri Informasi Saudi Awwad Alawwad.

Baca juga : Black Panther Jadi Film Paling Banyak di-Tweet Sepanjang Masa

Langkah tersebut merupakan bagian dari upaya modernisasi Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman, yang berusaha meningkatkan belanja domestik di era harga minyak yang rendah.

AFP melaporkan, pada Februari ini, Otoritas Hiburan Umum Arab Saudi (GEA) mengumumkan akan mengadakan lebih dari 5.000 festival dan konser sepanjang 2018.

Dengan begitu, sektor hiburan akan mendongkrak pendapatan sekitar 64 miliar dollar Amerika Serikat dalam beberapa tahun ke depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com