Kompas.com - 05/04/2018, 13:22 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dilaporkan setuju untuk tetap menempatkan pasukan di Suriah.

Pernyataan tersebut disampaikan seorang pejabat senior yang tidak ingin disebutkan identitasnya, dilansir oleh Reuters.com dan CNN.

Dalam pertemuan dengan Dewan Keamanan Nasional, Trump berkata kalau dia setuju untuk tetap menempatkan militer di Suriah.

Sebab, salah satu penasihatnya bersikukuh bahwa operasi penumpasan kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) masih belum tuntas.

Meski jantung pemerintahan ISIS di Raqqa berhasil direbut pada Juni 2017, masih tedapat sisa anggotanya di seluruh Suriah.

Baca juga : Trump: Pasukan AS Bakal Ditarik dari Suriah Secepatnya

"ISIS hampir dihancurkan. Kini, AS dan sekutunya sedang berusaha membersihkan sebagian kecil keberadaan mereka di Suriah," ujar Sekretaris Pers Sarah Sanders.

Namun, pejabat itu melanjutkan bahwa penempatan pasukan itu hanya bersifat jangka pendek. "Presiden tidak bersedia pasukan bertahan dalam jangka waktu lama," tuturnya.

Trump berujar, jika yang dijadikan alasan untuk menempatkan pasukan adalah soal stabilisasi Suriah, dia berpikir untuk menyerahkannya pada pemerintah internalnya.

Presiden 71 tahun itu kemudian meminta jajaran penasihat keamanan nasional untuk mulai membuat rancangan penarikan pasukan.

Pejabat anonim tersebut menjelaskan, Trump tidak menegaskan tenggat waktu kapan keberadaan AS di Suriah bakal ditarik.

Halaman:
Sumber Reuters,CNN
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.