Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah 35 Tahun, Arab Saudi Bakal Punya Bioskop pada Bulan Ini

Kompas.com - 05/04/2018, 08:40 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber VOA News,AFP

RIYADH, KOMPAS.com - Setelah lebih dari 35 tahun, Arab Saudi bakal memiliki bioskop pertamanya yang dibuka pada 18 April 2018 di Riyadh.

Dilansir dari VOA News, Rabu (4/4/2018), AMC Entertainment, perusahaan jaringan bioskop raksasa dunia, menyatakan pihaknya telah diberikan lisensi untuk membuka hingga 40 bioskop di 15 kota Saudi selama lima tahun ke depan.

Kerajaan Saudi pernah mempunyai beberapa bioskop, tetapi para ulama berhasil memaksa pemerintah untuk menutup operasional bioskop.

Baca juga : Mengintip Isi Ponsel Orang Lain Jadi Tindakan Kriminal di Arab Saudi

CEO AMC Entertainment Adam Aron menyatakan, pada awal pembukaan, bioskop tidak akan dipisahkan berdasarkan jenis kelamin seperti kebanyakan ruang publik di Saudi lainnya.

Namun, kemungkinan ada beberapa waktu yang disediakan khusus untuk penonton perempuan dan laki-laki secara terpisah.

"AMC berencana membuka bioskop pertama di kerajaan, di Riyadh, pada 18 April," tulis kementerian komunikasi internasional Saudi dalam sebuah pernyataan.

Untuk melayani populasi lebih dari 32 juta penduduk, yang mayoritas berusia di bawah 30 tahun, Saudi akan mendirikan 350 bioskop dengan lebih dari 2.500 layar hingga 2030.

"Pasar Saudi sangat besar, dengan mayoritas penduduk yang ingin menonton film favorit mereka di sini," kata Menteri Informasi Saudi Awwad Alawwad.

Langkah tersebut merupakan bagian dari upaya modernisasi Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman, yang berusaha meningkatkan belanja domestik di era harga minyak yang rendah.

Arab Saudi merupakan konsumen media dan budaya Barat. Meski ada larangan bioskop, film-film Hollywood dan serial televisi kerap disaksikan di rumah, serta menjadi perbincangan di kalangan masyarakat.

Baca juga : Usai Jumpa Clinton, Putra Mahkota Saudi Temui Bos-bos Perusahaan AS

AFP melaporkan, pada Februari ini, Otoritas Hiburan Umum Arab Saudi (GEA) mengumumkan akan mengadakan lebih dari 5.000 festival dan konser sepanjang 2018.

Dengan begitu, sektor hiburan akan mendongkrak pendapatan sekitar 64 miliar dollar Amerika Serikat dalam beberapa tahun ke depan.

Kerajaan Saudi juga telah melakukan reformasi kebijakan lainnya seperti perempuan yang boleh menyaksikan pertandingan olahraga di stadion dan mengemudi mobil pada Juni mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber VOA News,AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com