Kompas.com - 04/04/2018, 16:07 WIB
|

HARGEISA, KOMPAS.com - "Menjadi negara berdaulat, tak selalu harus diakui," demikian kata Dr Sa'ad Ali Shire, menteri luar negeri Somaliland.

Somaliland? Mungkin yang dimaksud adalah Somalia?

"Anda berada di Somaliland bukan Somalia. Tak ada tanda-tanda Somalia di sini. Kami mengatur urusan kami sendiri," tambah Ali Shire.

Nama Somaliland memang tak banyak dikenal. Republik yang memerdekakan diri dari Somalia ini tidak diakui komunitas internasional.

Namun, negeri ini melihat diri sendiri sebagai penerus Somaliland, sebuah negara protektorat Inggris.

Baca juga : Somaliland Berseru agar Dunia Internasional Akui Kemerdekaannya

Setelah mendapat kemerdekaan dari Inggris pada 1960, Somaliland memilih bergabung dengan Somalia yang merupakan bekas jajahan Italia.

Namun, pemerintahan diktator Siad Barre di Mogadishu memicu pembentukan milisi bersenjata Gerakan Nasional Somali yang pada 1991 berhasil menggulingkan rezim Siad Barre.

Pada Mei tahun yang sama, Somaliland kemudia memproklamasikan kemerdekaan dan membentuk pemerintahan terpisah dari Somalia.

"Saat kami memproklamasikan kemerdekaan, kamu juga merebut kembali kedaulatan. Sebelum bergabung dengan Somalia, kami berdaulat," ujar Ali Shire.

"Sejak 1991, kami sudah memiliki pemerintahan, mata uang, dan berbagai institusi sendiri. Somaliland bukan fantasi, ini adalah sebuah negara yang nyata," tambah Shire.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Gulf News
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.