Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bentrokan di Jalur Gaza, 12 Warga Palestina Meninggal Dunia

Kompas.com - 30/03/2018, 23:09 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

JALUR GAZA, KOMPAS.com - Aksi unjuk rasa puluhan ribu warga Palestina di sepanjang Jalur Gaza yang dekat dengan perbatasan Israel berujung bentrok. Setidaknya sudah 12 warga Palestina dilaporkan menjadi korban tewas.

Ribuan warga Gaza, termasuk perempuan dan anak-anak berkumpul untuk mengikuti aksi unjuk rasa memperingati Hari Tanah Palestina, yakni insiden yang menewaskan enam demonstran Arab tak bersenjata yang menentang Israel pada 1976.

Unjuk rasa yang dilakukan dengan mendirikan tenda di sepanjang Jalur Gaza dan direncanakan berlangsung selama enam pekan itu seharusnya berjalan dengan aksi damai.

Baca juga: Warga Palestina Siapkan Demonstrasi Tenda di Perbatasan Gaza-Israel

Namun jumlah massa peserta aksi yang sangat banyak membuat rentan terjadi bentrokan dan apa yang dikhawatirkan benar-benar terjadi.

Pasukan Israel menanggapi ribuan massa yang semakin mendekati pagar perbatasan dengan tembakan dan gas air mata. Militer Israel mengapit peserta aksi dari arah timur dan utara perbatasan.

Dilansir AFP, organisasi kemanusiaan Bulan Sabit Merah Palestina melaporkan sebanyak 355 orang terluka akibat terkena tembakan, sementara Kementerian Kesehatan di Jalur Gaza menyebut setidaknya sudah 12 orang tewas.

Para korban tewas beragam mulai dari remaja hingga orang dewasa. Di antaranya adalah Ahmed Ouda yang berusia 16 tahun dan Mahmoug Rahmi berusia 33 tahun.

Keduanya tewas akibat luka tembakan saat mengikuti aksi unjuk rasa di perbatasan Jalur Gaza dengan Israel.

Dari kubu militer Israel mengatakan, sekitar 17.000 warga Palestina terlibat kerusuhan di lima titik di sepanjang pagar keamanan di Jalur Gaza.

"Para pengunjuk rasa sudah mulai membakar ban dan melempar bom molotov serta batu ke arah pagar keamanan dan pasukan menanggapi dengan menembak ke arah penghasut utama," kata militer Israel dalam pernyataannya.

Baca juga: Jenderal Israel: Kami Akan Kerahkan 100 Sniper Saat Demo Palestina

Saat ini, bentrokan dan aksi unjuk rasa yang menuntut diizinkannya ribuan pengungsi Palestina yang diusir selama masa peperangan agar dapat kembali masih terus berlangsung.

Pemimpin Hamas, Ismail Haniya terlihat ikut dalam aksi unjuk rasa. Hal ini menjadi pertama kalinya Haniya berada dekat dengan perbatasan setelah bertahun-tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com