Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hanya Setinggi 60 Cm, Tempat di China Ini Tetap Disebut Gunung

Kompas.com - 30/03/2018, 10:14 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber Mirror

BEIJING, KOMPAS.com - Selama ini hampir semua orang menganggap sebuah gunung memiliki tinggi ribuan meter dari permukaan laut.

Misalnya saja Gunung Everest yang tingginya lebih dari 8.000 meter atau Gunung Jayawijaya, Papua yang tingginya hampir 5.000 meter dari permukaan laut.

Namun, Gunung Jing di provinsi Shandong, China merupakan sebuah anomali. Sebab, "gundukan batu" ini hanya memiliki ketinggian 60 cm dan lebar 70 cm.

Meski demikian, "gundukan batu" ini tetap disebut sebagai gunung. Mengapa demikian?

Baca juga : Mapala UI Gapai Puncak Gunung Tertinggi di Benua Antartika

Terletak di sebuah ladang kosong, apa yang terlihat setinggi 60 cm itu diyakini hanya bagian puncak Gunung Jing.

Sementara sisanya, terkubur hingga kedalaman lebih dari 50 meter yang oleh para sejarawan diklasifikasikan serupa dengan Gunung Everest dan Kilimanjaro.

"Di zaman Republik China, beberapa orang mengklaim gundukan batu itu adalah sebuah gunung bukan sekadar batu," kata Zhen Binhai, mantan kurator Museum Shougang kepada Pear Video.

"Pemerintah lalu meminta sejumlah orang menggali di sekitar batu itu. Mereka menggali amat lama dan tak bisa mencapai dasarnya. Itulah sebabnya batu ini diklasifikasikan sebagai gunung," ujar Binhai.

"Pada 1958, penggalian dilakukan kembali dan mereka juga tak bisa menemuan dasarnya. Sehingga Jing dipastikan sebagai gunung terpendek di negeri ini," tambah Binhai.

Sementara itu, seorang warga setempat mengungkap legenda tentang gunung yang kini menjadi salah satu tujuan wisata populer.

"Menurut legenda ratusan tahun lalu, seorang perempuan buang air di puncak gunung sehingga membuat pertumbuhannya berhenti," ujar warga tersebut.

Kini, menggali di sekitar gunung itu dilarang pemerintah. Demikian dikabarkan situs China.org.

Baca juga : Gunung Ini Naik Pangkat Jadi Gunung Tertinggi di Inggris, Kok Bisa?

Di sisi lain, para ahli geologi bersikukuh bahwa gunung harus memiliki ketinggian setidaknya 300 meter dari permukaan di sekitarnya.

Menurut The Summit Register, puncak gunung terpendek secara resmi adalah Gunung Wycheproof di Australia yang memiliki ketinggian 486 meter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mirror


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com