Kompas.com - 29/03/2018, 20:11 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Korea Utara (Korut) merespon keinginan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe untuk bertemu dengan Kim Jong Un.

Dilaporkan Asahi Shimbun via Japan Times Kamis (29/3/2018), sumber internal Korut berujar, telah muncul sebuah memo kepada petinggi Partai Buruh.

Dalam memo tersebut, dicantumkan bahwa pertemuan Jepang dengan Korut diperkirakan bakal digelar pada awal Juni mendatang.

"Jika benar, maka ini bakal menjadi kali pertama Kim menunjukkan ketertarikan berdialog dengan Jepang, yang tidak mempunyai hubungan diplomatik dengan Korut," tulis Asahi.

Baca juga : Shinzo Abe Ingin Bertemu dengan Kim Jong Un

Sebelumnya, Jepang telah mengirim permintaan untuk bertemu melalui Chongryon, atau kedutaan de facto Korut di Tokyo.

Dalam memo tersebut, tidak disebutkan apakah rezim Kim bakal membahas kasus warga Jepang yang diculik mata-mata Korut pada 1970 dan 1980-an.

Atau, isu internasional seperti program senjata nuklir. Sebaliknya, Korut berharap mendapat dana bantuan dari Jepang jika normalisasi hubungan terjadi.

Jumlahnya, seperti diwartakan oleh Asahi, mencapai 50 miliar dolar Amerika Serikat (AS), atau sekitar Rp 687,6 triliun.

Adapun bagi Jepang, mereka berharap pertemuan dengan Kim dapat menghasilkan dua keputusan; Korut bersedia menghapus rudal jarak menengah Rodong, dan mengembalikan warga yang diculik.

Ketua Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga tidak menampik tentang adanya kans kedua negara bertemu. Namun, dia menolak menyebut tanggal pastinya.

"Jepang dan Korut telah bernegosiasi melalui serangkaian kesempatan. Antara lain melalui kedutaan kami di Beijing, China," tutur Suga.

Baca juga : Jepang Siap Bayar Rp 38 M untuk Danai Inspeksi Nuklir Korea Utara

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.