Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diskusikan LGBT dengan Murid SD, Guru di AS Dihukum

Kompas.com - 29/03/2018, 14:51 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Newsweek

MANSFIELD, KOMPAS.com - Sebuah sekolah dasar di Texas, Amerika Serikat mengumumkan telah menghukum seorang guru mereka.

Guru bernama Stacy Bailey itu dihukum lantaran mengaku soal orientasi seksual, dan membahas tentang LGBT dengan murid-muridnya.

Dilaporkan Newsweek Rabu (28/3/2018), sebenarnya Bailey telah diskors dari SD Charlotte Anderson sejak September 2017.

Namun, dewan sekolah (ISD) Mansfield baru mengumumkan skorsing guru mata pelajaran seni tersebut pada Selasa (27/3/2018).

Dalam keterangan resmi mereka, Bailey awalnya meminta kepada sekolah agar diizinkan memasukkan bahasa LGBT dalam kebijakan non-diskriminasi.

Baca juga : Gara-gara Isu LGBT, Aceh International Marathon 2018 Sepi Pendaftar

Namun, Bailey dianggap bertindak kebablasan ketika dia mulai membicarakan keluarganya kepada para siswa, dan mengaku kalau dia adalah lesbian.

Ketika sekolah memberi tahu kalau Bailey telah menerima keluhan dari orangtua murid dan diminta mengubah perilakunya, dia menolak.

Dia bersikukuh bahwa anak-anak itu telah cukup umur untuk diajak berdiskusi soal LGBT.

"Orangtua murid mempunyai hak untuk mengontrol pembicaraan anak mereka. Terutama yang berkaitan dengan agama, politik, seks atau orientasi seksual," ujar ISD.

Pengacara Bailey, Giana Ortiz, membantah pernyataan bahwa kliennya bersikukuh, dan tidak menurut dengan segala kebijakan sekolah.

"Keterangan mereka bohong. Klien saya tidak pernah menerima pemberitahuan untuk mengubah perilaku, maupun dikatakan menolak mengikuti aturan," kata Ortiz.

Dilansir The Dallas Morning News, Ortiz mengungkapkan kekecewaan bahwa tindakan dewan sekolah yang mengungkapkan skors Bailey telah melanggar konstitusi.

Selain Ortiz, kekecewaan juga datang dari Florence Bruner, orangtua salah satu murid yang diajar Bailey sejak Taman Kanak-kanak.

"Sebagai orangtua, kami hanya meminta dua hal. Guru yang peduli dan mencintai muridnya. Bailey jelas memenuhi dua hal tersebut," kata Bruner.

Baca juga : Secara Biologi dan Kedokteran, LGBT Normal atau Tidak?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Newsweek
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com